Tuntaskan Air Bersih Daerah Pesisir

oleh -58 views
Instalasi Air bersih sangat diperlukan

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS – Masalah kebutuhan air bersih di daerah pesisir selatan Berau menjadi buah bibir dan perhatian banyak anggota dewan. Pasalnya, beberapa wilayah diketahui belum menikmati kebutuhan dasar itu hingga kini.

Subroto, anggota DPRD Berau dari daerah pemilihan pesisir laut juga turut memberikan tanggapan. Dirinya meminta Pemkab Berau agar serius memperhatikan kebutuhan air bersih di daerah paling selatan Berau tersebut.

Pasalnya, banyak masyarakat di wilayah itu, misalnya di Tabalar Ulu dan Bukit Makmur masih mengeluhkan permasalahan tersebut. Karena itu, kebutuhan air bersih harus benar-benar diprioritaskan.

“Air bersih ini menjadi salah satu kebutuhan prioritas yang harus diatasi. Kasihan masyarakat di Kampung Tabalar Ulu dan Bukit Makmur itu,” ungkapnya.

Disampaikannya, anggaran yang ada sebenarnya mencukupi apabila masalah air minum bersih diprioritaskan pemerintah daerah. Namun, jika APBD memang betul-betul kurang, sumber anggaran lain bisa diambil untuk mengatasi masalah itu.

“Air bersih ini selalu dikeluhkan setiap tahun saat Musrenbang. Kalau misalnya ada anggaran lain, misalnya DAK, sebenarnya bisa dipakai juga,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Bapelitbang Berau, Endah Ernany Triariani menjelaskan kebutuhan air minum memang merupakan salah satu prioritas pemerintah daerah. Namun, jika ditangani menggunakan DAK, anggaran dari sumber itu belum mencukupi.

“Pemerintah saat ini masih berupaya agar porsi DAK ini ditambahkan. Khususnya untuk DAK Fisik Bidang Pariwisata, Air Minum, dan Sanitasi,” imbuhnya.

Guna mendapat porsi anggaran dari DAK, dirinya berharap agar kementerian terkait dapat melalukan sosialisasi pengusulan DAK lebih awal. Tujuannya, agar kabupaten/kota dapat mempersiapkan kelengkapan dokumen yang diperlukan.

“Karena ini juga menjadi kendala kenapa kita kurang mendapat porsi DAK yang mencukupi untuk bidang-bidang tadi,” pungkasnya. (ADV/dprd2024/Jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *