Cegah Bullying, Setuju Kelas Dilengkapi CCTV

oleh -72 views
Ketua Komisi I DPRD Berau, Peri Kombong

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS – Ketua Komisi I DPRD Berau, Peri Kombong, setuju dengan usulan salah satu sekolah untuk memasang Closed Circuit Television (CCTV) di lingkungan sekolah.

“Baik dalam kelas, maupun area yang sulit dijangkau dengan pengawasan guru. Hal ini guna mencegah terjadinya aksi perundungan bagi siswa,” ucapnya Sabtu (16/3/2024)

Menurut Peri, perundungan bisa saja terjadi di mana pun. Tidak  hanya di lingkungan sekolah, dalam kelas, kantin atau bagian mana saja dalam lingkup sekolah.

“Maka dari itu, pemasangan CCTV diharapkan mampu mencegah aksi perundungan tersebut. Perundungan ada banyak, tidak hanya fisik saja,” ujarnya.

Diakuinya, wacana pemasangan CCTV di sekolah, hal ini harus segera dieksekusi, guna menekan aksi perundungan.

“Sebab, biasanya korban perundungan akan memiliki perubahan sikap yang drastis, dan takut untuk melaporkan aksi tersebut,” bebernya.

Namun jika ada bukti dari CCTV, pelaku bisa saja terjerat undang-undang yang berlaku.

“Dengan adanya CCTV juga bisa menjadi salah satu alat bukti,” tuturnya.

Sambung Peri, perilaku perundungan sangat merugikan banyak pihak, terutama bagi korban, psikis korban akan hancur dan sulit untuk berkembang.

“Hal ini seharusnya bisa dicegah,” imbuhnya.

Di sisi lain, dirinya juga meminta peran dari warga dan ketua RT, agar bisa melakukan pengawasan pergaulan di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Perundungan tidak hanya terjadi di sekolah, namun di lingkungan tempat tinggal juga bisa. Bicara mental tentu sulit untuk disembuhkan jika sudah menjadi korban perundungan,” pungkasnya. (*) (adv/dprd2024/si)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *