Lantik Pj Kepala Kampung, Ingatkan Kesejahteraan Masyarakat

oleh -64 views
Usai dilantik,. Pj Kepala Kampung diingatkan fokus menyejahterakan masyarakat kampung.

SAMBALIUNG, DIMENSINEWS – Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas melantik dan mengukuhkan Mursin sebagai Penjabat (PJ) Kepala Kampung Sei Bebanir Bangun, Kecamatan Sambaliung, Senin (18/03/2023). Dalam momen pelantikan itu, Bupati didampingi Wakil Bupati Berau, Gamalis beserta Asisten I Setkab Berau dan sejumlah kepala OPD terkait.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Berau mengucapkan selamat kepada Mursin sebagai PJ Kepala Kampung Sei Bebanir Bangun yang baru saja dilantik. Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bupati Berau Nomor 171 Tahun 2024 per 21 Februari 2024.

“Mulai hari ini, saudara memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memimpin pemerintahan, mengelola pembangunan, dan memajukan masyarakat di kampung ini,” ucap Sri.

Dirinya sangat berharap kepala kampung dapat menjalankan amanah yang diberikan dengan kinerja terbaik, profesional, dan akuntabel, kendati dalam waktu tidak lama.

Dalam masa jabatan yang ada ini, ia meminta kepala kampung dapat berkoordinasi aktif dengan BPK, LPM, RT, PKK, Posyandu, Karang Taruna dan semua lembaga yang ada di Kampung Sei Bebanir Bangun.

“Tujuannya agar dapat membangun kampung, memberdayakan masyarakat dengan memaksimalkan potensi SDA dan SDM yang tersedia,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, saat ini Sei Bebanir Bangun sudah berstatus Kampung Mandiri. Untuk itu, kepala kampung perlu bekerja keras agar status ini tetap dipertahankan.

Selain itu, aspek ketertiban, keamanan, dan kenyamanan hidup bermasyarakat juga perlu diperhatikan oleh kepala kampung melalui optimalisasi peran dan fungsi Babinkamtibmas dan Babinsa.

“Dalam rangka menciptakan kampung kondusif agar semakin aman dan nyaman untuk dihuni penduduk asli maupun pendatang, terutama di bulan suci Ramadan seperti sekarang. Ciptakanlah suasana rukun, aman, damai, dan saling menghargai di tengah masyarakat,” pintanya.

Di samping itu, Sri menekankan kepada kepala kampung dapat mengelola dana transter, meliputi Dana Desa, ADK, bagi hasil pajak dan retribusi daerah, bantuan keuangan kabupaten dan provinsi secara baik dan benar.

Sri juga berharap, keberadaan para pendamping kampung juga dapat menunjang kìnerja aparatur kampung agar lebih maksimal.

Menurutnya, optimalisasi berbagai potensi yang ada di kampung dalam rangka menunjang pencapaian kesejahteraan masyarakat kampung, perlu dilakukan. Sejalan dengan salah satu misi Pemerintah Kabupaten Berau yaitu meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Salah satunya dengan optimalisasi sektor hilir sumber daya dan pertanian dalam arti luas yang berbasis kerakyatan dengan perluasan lapangan kerja,” pungkas bupati. (Adv/Pem/Ri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *