Cegah Perundungan, Sekolah Harus Tingkatkan Pengawasan

oleh -61 views
Anggota Komisi I DPRD Berau, Falentinus Keo Meo

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS – Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Berau, Falentinus Keo Meo menyoroti kasus perundungan atau bullying yang sempat terjadi dilakukan guru kepada murid atau pun sesama pelajar.

“Saya prihatin terhadap situasi di sekolah yang banyak mengalami kasus perundungan. Saya berharap tidak terjadi di Berau,” ucapnya Selasa (19/3/2024).

Walaupun di Kabupaten Berau belum ditemukan kasus tersebut, namun Falentinus berharap peran aktif para guru di sekolah terus memberikan pengawasan terhadap siswa-siswinya.

“Guru harus menjadi pengawas aktif bagi murid-muridnya di sekolah,” ungkapnya.

Selain peran aktif guru, Falentinus juga menyoroti dampak lingkungan dan paparan media sosial sebagai faktor pendorong karakter anak menjadi seorang pelaku perundungan.

“Kurangnya pembinaan yang optimal di lingkungan rumah juga menjadi salah satu faktor,” bebernya.

Menurutnya, kerja sama dengan orang tua sangat diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan anak.

“Perundungan ini sangat berdampak pada psikis anak dan perkembangannya, makanya perlu pengawasan terus menerus,” imbuhnya.

Politisi Partai Demokrat tersebut berharap, dari aspek-aspek tersebut bisa meningkatkan kesadaran masyarakat, dan pihak sekolah.

“Apalagi peran pemerintah dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan anak-anak di lingkungan pendidikan sangat penting,” pungkasnya. (*) (adv/dprd2024/si)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *