Kepala Kampung Diingatkan Bijak Kelola Dana Kampung

oleh -111 views
Wakil Ketua DPRD Berau Syarifatul Syadiah.

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS – Wakil Ketua I DPRD Berau, Syarifatul Syadiah meminta para kepala kampung bijak dalam mengelola Alokasi Dana Kampung (ADK) guna menghindari terjadinya penyalahgunaan anggaran.

“Sangat disayangkan, tindakan melanggar hukum yang dilakukan oknum kepala kampung,” ungkapnya Selasa (19/3/2024).

Ia menyebutkan salah satu yang sudah terjadi adalah dengan memotong anggaran jalan usaha tani dan merugikan negara hingga ratusan juta.

“Padahal sejak awal pemerintah sudah sering mewanti-wanti seluruh kepala kampung, agar tidak terjerumus dalam tindakan yang dapat merugikan negara dan dirinya sendiri,” ujarnya.

Syarifatul menegaskan kepala kampung hendaknya lebih bijak mengelola ADK sesuai regulasi yang berlaku. Sebab ADK adalah uang rakyat yang harus dikembalikan ke rakyat dalam bentuk infrastruktur maupun hal-hal lain yang membangun kesejahteraan masyarakat.

“Tolong kepala kampung jangan bermain-main dengan ini. Pemerintah menitipkan dana untuk membangun kehidupan masyarakat menjadi lebih baik lewat tangan kepala kampung,” tambahnya.

Ia pun berharap kepala kampung yang menjadi tersangka dapat mempertanggungjawabkan kerugian negara yang telah dilakukannya.

“Semoga proses hukum berjalan dengan adil, dan hal ini dapat menjadi pelajaran bagi seluruh kepala kampung lainnya,” pungkasnya. (*) (adv/dprd2024/si)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *