Kelola Dana Desa, Kepala Kampung Perlu Pendampingan

oleh -143 views

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS – Penyelewengan pengelolaan Dana Desa (DD) hingga berujung pada tindak pidana korupsi  yang menjerat beberapa kepala kampung di Berau belakangan ini, disoroti Ketua Komisi III DPRD Berau, Saga.

Menurutnya, korupsi terjadi karena kepala kampung itu memiliki pengetahuan yang minim terkait pengelolaan dana desa. Karena itu Pemkab Berau perlu membuat pendampingan khusus bagi para kepala kampung.

“Tentu kita menyayangkan tipikor itu terjadi. Sehingga saya minta agar ada petugas khusus yang disiapkan untuk mendampingi kepala kampung dalam mengelola keuangan kampung,” ungkapnya.

Disampaikannya, pengelolaan keuangan kampung bukan merupakan perkara mudah. Sebab pengelolaan yang baik mesti disertai dengan keterampilan teknis dan pemahaman yang memadai.

“Pengelolaan keuangan ini tidak gampang dan tidak semua kepala kampung bisa mengelolanya dengan baik. Sehingga perlu ada pendamping teknis,” imbuhnya.

Selama ini, tambahnya, pendampingan terhadap kepala kampung dalam mengelola dana desa masih minim. Padahal sangat diperlukan pendampingan yang tidak hanya sekali tetapi juga berkelanjutan.

“Pemerintah perlu memberikan pelatihan dan pendampingan yang berkelanjutan agar kepala kampung bisa memahami regulasi dan tata cara pengelolaan keuangan desa dengan benar,” tandasnya. (ADV/dprd2024/Jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *