Beri Dampak Positif, Sektor IKM Terus Didukung

oleh -21 views

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS – Sektor Industri Kecil Menengah (IKM) Kabupaten Berau dinilai telah memberi dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Tak hanya itu, sektor ini juga disebut telah turut mendukung pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan menyerap jumlah tenaga kerja dalam jumlah besar.

“Sektor IKM merupakan salah satu sektor utama yang mendukung PDRB serta mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar,” ungkap Bupati Berau Sri Juniarsih Mas.

Disampaikan Bupati Sri, pada tahun 2023 silam Kabupaten Berau memiliki koneksi IKM dengan sentra lokasi sebesar 75 titik serta jumlah pengrajin sebanyak 645 orang yang tersebar di semua lokasi tersebut.

“Dan telah berhasil menyerap tenaga kerja sebesar 1.220 orang, memberi kontribusi terhadap PDRB sebesar 15,17 persen dan mendukung laju pertumbuhan ekonomi sebesar 3,47 persen,” imbuhnya.

Pertumbuhan dan kontribusi IKM yang baik itu, diakui Sri, telah mengharumkan nama daerah di tingkat provinsi. Karena itu, IKM akan menjadi salah satu sektor penting lainnya yang akan terus didukung dan diperhatikan, di samping pariwisata.

“Pada tahun 2023 Kabupaten Berau dinobatkan sebagai kabupaten pariwisata dan UMKM di Kalimantan Timur,” pungkasnya. (Adv/Pem/Jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *