6,89 Persen Ekonomi Kaltim Berasal dari Berau

oleh -75 views

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS – Sebesar 6,89 persen perekonomian Kaltim diketahui berasal dari Berau. Kontribusi yang cukup baik itu tentu perlu diapresiasi di tengah pertumbuhan ekonomi Berau yang mulai meningkat.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas menjelaskan perekonomian Kabupaten Berau pada tahun 2023 silam bertumbuh positif. Dengan pertumbuhan itu, Berau turut berkontribusi bagi perekonomian Kaltim.

Disampaikannya, perekonomian yang tumbuh positif itu tidak hanya dialami Kabupaten Berau. Pada tahun 2023 lalu, pertumbuhan ekonomi juga dialami oleh semua kabupaten/kota di Kaltim.

“Terhadap total perekonomian kabupaten/kota se-Kaltim, Kabupaten Berau menyumbang sebesar 6,89 persen,” ungkapnya.

Pertumbuhan positif perekonomian Kabupaten Berau, lanjutnya, terjadi karena seluruh lapangan usaha di Kabupaten Berau juga mengalami pertumbuhan yang positif pada tahun 2023 lalu.

“Dan dari 17 lapangan usaha, lapangan usaha jasa keuangan dan asuransi mengalami pertumbuhan tertinggi pada tahun 2023 yaitu sebesar 8,87 persen,” jelasnya.

Diakuinya, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Berau tersebut diukur berdasarkan pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang juga mengalami peningkatan dari tahun 2023.

“PDRB tahun 2022 berdasarkan harga konstan sebesar 3,95 persen atau mengalami peningkatan capaian pada tahun 2023 sebesar 5,44 persen,” imbuhnya.

Peningkatan capaian PDRB pada tahun 2023, tambah Sri terjadi karena beberapa sektor utama pendukung perekonomian juga turut mengalami pertumbuhan. Hal itu diukur berdasarkan harga berlaku.

“Tapi nilai PDRB per kapita berdasar harga berlaku senantiasa mengalami penurunan. Pada tahun 2022 tercatat sebesar Rp 60 juta lebih dan mengalami penurunan pada tahun 2023 menjadi Rp 51 juta lebih,” pungkasnya. (Adv/Pem/Jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *