Berau Masih Butuh Dokter Umum

oleh -89 views

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS – Kekurangan tenaga dokter umum tentu menjadi salah satu penghambat pelayanan kesehatan di rumah sakit (RS) dan Puskesmas.

Karena itu, Pemkab Berau terus berupaya agar dokter umum tersebut dapat mengisi kekurangan di setiap RS atau Puskesmas yang ada.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas menjelaskan kehadiran dokter umum menjadi atensi serius Pemkab Berau di bidang kesehatan.

“Kita akan upayakan agar dokter umum ini bertambah untuk pelayanan di Puskesmas dan RS. Apalagi untuk saat ini kita sedang membangun RS baru,” singkatnya.

Terpisah, Kepala Dinas (Dinkes) Kesehatan Berau, Lamlay Sarie menjelaskan tenaga dokter umum menjadi perhatian serius khususnya untuk mengisi kebutuhan di Puskesmas.

Disampaikannya, salah satu Puskesmas yang selama ini belum memiliki dokter umum yakni Puskesmas Long Boy, Kecamatan Kelay.

“Kemarin kan belum ada. Tapi ini sudah ada tenaga dokter umumnya,” ungkapnya belum lama ini.

Disampaikannya, kehadiran tenaga dokter umum di Puskesmas Long Boy tentu berguna bagi peningkatan pelayanan kesehatan di Puskesmas tersebut.

Selain itu, tenaga dokter umum tersebut juga menjadi salah satu syarat agar Puskesmas Long Boy dapat menerima hibah dari pusat.

“Untuk dapatkan alat USG misalnya harus ada dokter umumnya. Karena sekarang Long Boy sudah ada maka mereka juga dapat USG itu,” imbuhnya.

Secara khusus terkait alat USG, lanjutnya, sangat diperlukan untuk memeriksa kesehatan ibu dan bayi. Pasalnya, saat ini kasus kematian ibu dan bayi masih menjangkiti Berau.

“Alat USG itu merupakan hibah dari Kementerian Kesehatan. Dengan adanya alat USG itu, para ibu hamil bisa periksa sudah di Puskesmas dan bukan hanya di dokter spesialis,” pungkasnya. (Adv/Pem/Jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *