Cegah Uang Palsu, Masyarakat Harus Jeli

oleh -69 views
Syarifatul imbau masyarakat waspada pada peredaran uang palsu.

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS – Ramadan hingga jelang Lebaran 2024 ini, Wakil Ketua I DPRD Berau, Syarifatul Syadiah meminta masyarakat untuk mewaspadai peredaran uang palsu.

“Aktivitas jual beli dan transaksi keuangan selama Ramadan hingga Lebaran meningkat signifikan. Jangan sampai ada oknum tidak bertanggung-jawab memanfaatkan momen ini untuk mengedarkan uang palsu,” ucap Syarifatul Jumat (5/4/2024).

Ia pun mengimbau masyarakat agar lebih waspada karena banyak oknum menghalalkan segala cara untuk menukar uang asli dengan yang palsu.

“Karena sekarang banyak oknum yang menghalalkan cara-cara tidak baik. Untuk menyikapi situasi dan kondisi saat ini, dibutuhkan kejelian dan kewaspadaan tinggi agar tidak menjadi korban peredaran uang palsu,” ungkapnya.

Sari tak menampik bahwa peredaran uang palsu kerap terjadi di momen-momen hari besar

“Ya seperti bulan puasa hingga menjelang lebaran dan hari-hari keagamaan besar lainnya,” ujarnya.

Terlebih melihat riwayat peredaran uang palsu selama ini, kata dia masyarakat Berau pasti perlu banyak uang tunai

“Dan uang palsu kerap ditemukan dalam peredarannya,” bebernya.

Meski demikian, Sari menyebut peredaran uang palsu di Kabupaten Berau tidak terlalu signifikan, namun tetap harus diwaspadai.

“Alhamdulillah, di daerah kita selama ini tidak terlalu banyak kasus demikian. Karena jumlah peredaran uang palsu sangat kecil,” ujarnya.

Meski begitu, Syarifatul Syadiah menilai kejelian dan kewaspadaan tetap harus dilakukan masyarakat

“Ini dalam bersama-sama melakukan langkah-langkah preventif agar berbagai pihak jangan sampai mau melakukan atau mengedarkan, bahkan menjadi bagian pengedar uang palsu, hukumannya tidak main-main,” pungkasnya.  (adv/dprd2024/si)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *