Usulkan Pihak Ketiga Bangun Fasilitas untuk Anak

oleh -42 views
Rudi Mangunsong

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS – “Walaupun sudah dinyatakan sebagai Kabupaten Layak Anak, perlu disiapkan adanya tambahan ruang terbuka hijau, taman bermain, ruang membaca, dan fasilitas penunjang lainnya untuk anak,” sebut anggota Komisi I DPRD Berau, Rudi Parasian Mangunsong, Selasa (23/04/2023).

Ia mengapresiasi capaian Pemkab Berau dan DPPKBP3A tersebut yang berhasil naik tingkat dari predikat muda ke Madya pada kategori Kabupaten Layak Anak (KLA).

Capaian tersebut mesti ditingkatkan dan dipertahankan. Tentu dengan adanya gagasan dan inovasi dari OPD terkait sehingga predikat tersebut dapat ditingkatkan.

Disarankan, guna menambahkan fasilitas itu, pemerintah bisa menggandeng pihak ketiga. Sehingga ada kontribusi pihak lain demi pembangunan di daerah.

“Contohnya seperti perusahaan A nanti menangani taman A. Jadi perbaikan dan perawatannya akan mudah. Sedangkan jika pembangunannya menggunakan APBD, baru dikerjakan sudah rusak tentu tidak dapat memperbaiki secara cepat,” terangnya.

Ia berharap tempat atau fasilitas untuk anak tersebut dapat dilakukan swakelola atau menjadi tanggung jawab pihak ketiga dalam bentuk CSR. Ia meyakini tempat atau fasilitas tersebut akan terawat dan dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya anak.

Rudi mendorong Pemkab Berau dan dinas terkait dapat berkoordinasi dengan pihak ketiga untuk membangun sejumlah fasilitas penunjang untuk Kabupaten Layak Anak tersebut.

“Predikat KLA Madya ini harus bisa meningkat dan Kabupaten Berau menjadi salah satu percontohan dari kabupaten lain,” tutupnya. (Adv/dprd2024/ri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *