Abdurahman Amin Pimpin PWI Kaltim

oleh -210 views
Abdurahman Amin Ketua terpilih menerima Bendera PWI dari Zulmansyah Sekedang Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat . foto helda mildiana

SAMARINDA DIMENSINEWS- Konferensi Provinsi (Konferprov) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim, menadi ajang pemilihan Ketua PWI Kaltim , di ruang serbaguna Kantor Gubernur Kaltim, Sabtu (27/4/2024) berlangsung semarak dan gembira.

Konferprov  dibuka Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim Muhammad Faisal,  dihadiri pengurus PWI Pusat, dan PWI Cabang seperti  Berau, Kukar, Kutim,Penajam  Paser Utara, Penajam, Balikpapan, Kubar dan  Mahakam Hulu.

Dalam pelaksanaan konferprov PWI Kaltim dipimpin Rusdiansyah Aras sebagai Ketua Presidium, bersama dua anggotanya, Agus Susanto dan Eko Susanto.

Dua kandidat calon ketua PWI Abdurrahman Amin dan Munanto memperebutkan 163 suara pemilih yang berasal dari anggota PWI Kaltim.

 

Dalam paparan singkat visi dan misi di hadapan peserta Konferprov, Munanto berencana lebih memajukan PWI Kaltim dan menghadirkan PWI di Ibu Kota Nusantara (IKN).Sedangkan Abdurrahman Amin, di antaranya memperkuat peran anggota PWI di daerah, serta peningkatan kompetensi dan kesejahteraan wartawan di Kaltim.

Pemungutan suara pun dimulai, satu persatu anggota PWI Kaltim pemilik hak suara, menyalurkan hak pilihnya di bilik suara. Termasuk mereka yang mengantongi mandat dari pemilik suara yang berhalangan hadir di Konferprov, dilengkapi materai bertanda tangan oleh pemberi mandat.

Di masa perhitungan suara, Abdurrahman meraih suara terbanyak hingga 83 persen suara, dari 163 pemilih yang memberikan hak pilihnya. Sisanya 25 suara absen alias tidak memberikan suaranya. Abdurhaman berhasil mendapatkan 139 suara dan Munanto meraih 24 suara.

“Calon nomor urut dua, Abdurrahman Amin, ditetapkan sebagai Ketua PWI Kaltim terpilih 2024-2029,” kata Agus Susanto, saat membacakan keputusan Konferprov PWI Kaltim.

Dalam Pidato kemenangannya, Abdurahman Amin mengawali kiprahnya sebagai seoranga wartawan di usia 19 tahun sekitar tahun 2007.

“Profesi sebagia jurnalis inilah yang menjadi bagian dari hidup saya. Saya bearkeinginan untuk memperjuangkan peningkatan kesejahteraan wartawan dengan menempatkan PWI sebagai rumah besar  bagi wartawan,” katanya.

Meski menurut Abdurahman Amin , itu hanya bagian hilirnya saja, karena hulunya adalah bagaimana meningkatkan kompetensi dan kualitas agar memiliki posisi tawar yanga baik. Sebagai pilar demokrasi keempat yang setara dengan eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Rahman juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran senior di PWI Kaltim yang telah banyak memberikan banyak panggung dan mempercayakannya menempati posisi sebagai wakil bidang pembelaan wartawan dalam 5 tahun terkahir (2019-2024).

Pelaksanaan konferprov ini juga mendapatkan  apresiasi dari pengurus PWI pusat , Ketua Bidang Organisasi Zulmansyah Sekedang yang menilai pelaksanaan pesta demokrasi PWI Kaltim ini berlangsung dengan riang gembira. Tidak ada suara suara sumbang , yang ada canda tawa.

“Saya mengigatkan kembali kepada ketua terpilih, agar visi dan misi serta program yang disampaikan bukan hanya sekedar formalitas , tetapi menjadi dokumen yang akan dipenuhi selama memimpin PWI Kaltim.

“Saya tadi senang mendengarkan, di hilir kita akan meningkatkan kesejahteraan dan di hulu   kita ingin tercipta  profesionalisme wartawan,” kata Zulmansyah Sekedang . (hel) .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *