Minta Gerakan Pangan Murah Digelar Setiap Bulan

oleh -68 views
Pangan murah

TANJUNG REDEB,DIMENSINEWS- Program Gerakan Pangan Murah yang digelar beberapa waktu lalu oleh Dinas Pangan dan instansi terkait terhitung sukses dan sangat membantu masyarakat Kabupaten Berau.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi II DPRD Berau, Elita Herlina mengapresiasi program Gerakan Pangan Murah tersebut.

Pasalnya, program tersebut sangat membantu dan mengurangi beban masyarakat Berau.

“Respon masyarakat juga sangat baik dengan program itu. Pastinya juga sangat membantu masyarakat di tengah lonjakan harga kebutuhan pokok yang menjulang tinggi beberapa waktu lalu,” ungkapnya Kamis (2/5/2024).

Elita menghaarapkan program Gerakan Pangan Murah ini bisa rutin dilaksanakan oleh Dinas Pangan maupun instansi terkait lainnya.

Karena selain dapat membantu masyarakat, juga dapat menekan harga kebutuhan pokok masyarakat di pasaran.

“Disamping harganya di bawah harga pasar, tentunya kualitas barang yang dijual pun pasti berkualitas juga higenis,” tuturnya.

Ia menyebut, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain juga bisa mengikuti program yang sangat membantu masyarakat ini sesuai dengan tupoksi dan bidangnya masing-masing.

“Masing-masing OPD memiliki bidang yang tentunya berhubungan dengan pelayanan ke masyarakat. Seperti Dinas Pangan kan berhubungan dengan kebutuhan pokok masyarakat, mungkin OPD lain bisa juga menyerupai program itu kan,” bebernya.

Elita berharap, tidak hanya Pemkab Berau mealui OPD nya saja, tapi pihak-pihak ketiga dalam hal ini perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Berau bisa ikut serta dalam kegiatan-kegiatan seperti ini.

“Pihak ketiga kan ada banyak, kan bisa ikut serta membantu dengan kerjasama dengan OPD atau seperti apa bisa saja kan,” pungkasnya. Sementara itu, dikonfirmasi Kepala Dinas Pangan Kabupaten Berau Rakhmadi Pasarakan mengatakan upaya untuk menekan perbandingan harga pokok di pasar tradisional dengan kegiatan pasar murah pun tengah diupayakan kembali terlaksana

“Kan kita gencar sekali kemarin sebelum lebaran dan bulan ramadhan mengadakan pasar murah,” ucapnya Kamis (2/5/2024)

Lebih lanjut, pihaknya tidak menutup kemungkinan akan kembali mengadakan pasar murah tiap bulan di halaman kantor Dinas Pangan

“Kalau setiap bulan bisa saja sebenarnya cuman memang kegiatan pangan murah ini biasanya dilakukan ketika menjelang hari besar keagamaan,” bebernya.

Sehingga menurutnya pasar murah akan dilakukan menjelang hari besar keagamaan ketika bahan pokok kembali naik

“Kalau ada kenaikan harga beras beberapa waktu lalu. Ke depan maka kita tidak akan lakukan sebulan sekali pasar murah beras dan kalau mau dilakukan sebulan sekali tidak masalah juga, pasar beras murah,” tuturnya.

Selain itu, Rakmahdi tengah menyusun konsep outlet pangan di halaman kantor Dinas Pangan dan akan buka setiap hari

“Dan kita bisa jual pangan murah setiap hari serta kita akan tingkatkan kerja sama dengan Bulog mempersiapkan  beras, minyak goreng, gula, daging beku, insyaallah 2 hingga 3 bulan ke depan sudah terealisasi,” pungkasnya. (adv/dprd2024/si)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *