Apresiasi dan Support Dispusip Laksanakan Program Tranformasi TPBIS

oleh -54 views
M Ichsan Rapi

TANJUNG REDEB,DIMENSINEWS- Anggota DPRD Berau M Ichsan Rapi memberikan apresiasinya kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kabupaten Berau karena  pada 30 April 2024 lalu mendapatkan penghargaan terbaik 1 sebagai pengelola program TPBIS (inklusi sosial) dan terbaik I pencapaian jumlah perpustakaan terakreditasi tingkat provinsi Kaltim untuk tahun 2024 sebanyak 16 perpustakaan sekolah dan Kampung. Dan ini diterima 2 tahun berturut turut. Sebelumnya pada tahun 2023 Dispusip menerima penghargaan yang sama.

Wakil ketua Komisi III DPRD Berau ini mengungkap kalau Dispusip Berau sudah dapat mencapai program tranformasi mengubah paradigma lama. “Dan dari paradigma eksklusif menjadi inklusif. Kan sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, jika perpustakaan kurang menarik karena dianggap masih konvensional,” ungkapnya Sabtu (4/5/2024).

Saat ini, lanjut Iccang panggilan akrab wakil rakyat ini, kalau  Dispusip telah mengubah paradigma lama  dan membutuhkan tranformasi  dan itu berhasil, dengan ditandainya predikat terbaik 1 oleh Pemprov Kaltim. Dan ini seiring dengan berjalannya perpustakaan nasional gencar melakukan program Tranformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS),

Jalan menuju bertranformasi ini, kata Iccang juga dilalui oleh Dispusip dengan menjalankan program penguatan literasi kepada masyarakat dengan peningkatan keterampilan di Perpustakaan.

“Serta  praktek praktek baik lainnya di perpustakaan untuk kebutuhan masyarakat secara inklusif kepada seluruh lapisan masyarakat seperti pelatihan keterampilan komputer, keterampilan public speaking dan berbagai workshop yang digelar. Inilah yang saya ketahui selama ini,” Iccang yang juga ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kabupaten Berau.

Selaku wakil rakyat, Iccang menyebut akan terus memberikan support sesuai dengan kewenangan anggota DPRD Kabupaten, agar Dispusip dapat mencapai tujuan.

Satu hal yang pasti, kata Daeng Iccang menyampaikan pesan indah dari peraih hadiah Oscar dan Novelis asal Amerika, Sidney Sheldon bahwa, “Perpustakaan menyimpan energi yang memicu imajinasi. perpustakaan membuka jendela ke dunia dan menginspirasi kita untuk mengeksplorasi dan mencapai, serta berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup kita,” pungkasnya.(adv/dprd2024/hel)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *