Penting Penguatan Kader Posyandu

oleh -45 views
Rahman

TANJUNG REDEB,DIMENSINEWS- Penguatan kader posyandu penting untuk menekan angka stunting dan derajat kesehatan hidup generasi kedepan. Penetapan target-target kesehatan harus disertai dukungan yang memadai bagi para pelaksana di lapangan.

Hal ini diungkapkan Rahman Anggota DPRD Berau mengenai kader posyandu. Disebutkan Rahman peningkatan peran kader dalam akselerasi pencapaian target-target kesehatan, termasuk bahwa  angka stunting, memerlukan pelatihan yang efektif, supervisi yang memadai, kompensasi yang adil dan infrastruktur yang mendukung,

Disini betapa pentingnya peran pemerintah untuk memperkuat instrumen kebijakan yang mendukung peningkatan kapasitas  kader posyandu.

Dikatakan politisi PKS itu, peningkatan alat penunjang untuk kader bisa berdampak pada pemberian layanan yang prima kepada masyarakat.

“Pemerintah Daerah perlu merangkul kader-kader Posyandu di seluruh Kabupaten Berau untuk memastikan dapat memberikan pelayanan prima terlepas dari kegiatan yang berbentuk pengabdian untuk masyarakat di lingkungannya,” kata Rahman.

Menurut Rahman, kapasitas kader Posyandu juga penting untuk mendukung pencapaian standar layanan primer dan kesehatan bagi ibu hamil, ibu menyusui, bayi, balita, anak usia sekolah, remaja, usia produktif, dan lanjut usia (lansia).

“Agar optimal dalam melaksanakan screening dan juga penyuluhan bagi orangtua dan lansia,” tuturnya.

Selain itu, sebut Rahman masih ada mendengar keluhan kader Posyandu terkait kurangnya ketersediaan alat penunjang pelayanan kesehatan.

“Salah satu hambatan yang dialami oleh kader Posyandu kita adalah ketersediaan alat screening baik untuk Posyandu Lansia dan Posyandu Balita,” tutur dia.

Rahman  meminta Pemerintah Daerah dapat  melengkapi fasilitas kesehatan di setiap Posyandu, agar nantinya penanganan kesehatan dapat diberikan maksimal untuk warga Bumi Batiwakkal.(adv/dprd2024/hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *