Perlindungan Anak Membantu Menciptakan Masyarakat Lebih Aman  

oleh -77 views
Ratana Kalalembang

DIMENSINEWS, TANJUNG REDEB- Ratna Kalalembang Anggota Komisi II DPRD Berau, menyebut anak merupakan generasi penerus bangsa yang memiliki peran strategis dalam menjamin kelangsungan eksistensi bangsa dan negara di masa depan.
“Oleh karena itu, setiap anak perlu mendapat kesempatan seluas-luasnya untuk dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, baik secara fisik, mental, maupun sosial,” ucapnya.

Namun sayang, kata Ratna kekerasan dan eksploitasi terhadap anak masih seringkali terjadi di beberapa daerah dan tidak menutup kemungkinan di Kabupaten Berau.
“Perlindungan anak menjadi suatu hal yang tak boleh diabaikan, agar setiap anak dapat tumbuh dalam lingkungan yang mendukung, memenuhi hak-hak dasarnya, dan memungkinkan perkembangan fisik, psikis, dan sosialnya,” ujarnya.

Legislator Partai Golkar ini juga menyebut perlindungan anak membantu dalam menciptakan masyarakat yang lebih aman, sejahtera, dan beradab.

“Anak-anak yang dilindungi dari segala bentuk kekerasan dan eksploitasi memiliki peluang yang lebih besar untuk mencapai kebahagiaan dan kesuksesan di masa depan, serta membantu menciptakan masyarakat yang lebih aman, sejahtera, dan beradab,” ungkapnya.

Ratna juga mengajak setiap individu untuk berperan aktif dalam melindungi anak-anak.
“Setiap orang memiliki tanggung jawab untuk melaporkan dugaan tindak pidana terhadap anak di sekitarnya, dan partisipasi masyarakat sangat penting dalam memastikan penyelenggaraan perlindungan anak yang efektif,” bebernya.

Begitu juga menurutnya anak adalah anugerah dari Tuhan yang harus di penuhi kebutuhannya oleh orang tua.
“Anak-anak adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa, dan sebagai manusia, mereka memiliki hak-hak yang harus dijunjung tinggi serta dilindungi dengan penuh tanggung jawab,” pungkasnya . (adv/dprd2024/si)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *