Bisa Ditempati, Puskesmas Kampung Bugis sudah Penuhi Standar Kemenkes

oleh -269 views
Puskesmas Kampung Bugis

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Berau, Lamlay Sarie menegaskan gedung baru Puskesmas Kampung Bugis sudah dapat ditempati.

Pasalnya, fasilitas yang dibutuhkan di gedung baru tersebut sudah memenuhi standar yang ditetapkan Kementerian Kesehatan. Walaupun Puskesmas tersebut saat ini masih dalam tahap pemeliharaan.

“Standar untuk tahap 1 sudah lengkap, prototipenya mengikuti standar Kemenkes, ada ruang poli, gawat darurat, ada ruangan administrasi. Tapi untuk pos security, kantin, pagar, pengusulan tahap selanjutnya,” ungkapnya.

Diakuinya, memang terdapat keluhan dari pihak Puskesmas bahwa masih ada kekurangan beberapa fasilitas, seperti tempat parkir, pagar, kantin, pos security, dan sebagainya. Namun, baginya itu bisa dilengkapi kemudian.

“Ini sambil sambil berjalan, kita berharap ABT ada beberapa item yang kita lengkapi. Sekarang fokus di proses pemindahan dulu. Info dari pihak Puskesmas, mereka akan pindah ke gedung baru esok,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Puskesmas Kampung Bugis Bachri Karta Kesuma menjelaskan pihaknya sebenarnya belum mempunyai niat pindah ke gedung baru tersebut. Pasalnya, Puskesmas tersebut masih dalam tahap pemeliharaan selama 180 hari.

“Kalau saya secara pribadi tidak mau pindah. Artinya mesti selesai semuanya dulu parkir, pagar, kantin, pos security dan sebagainya dulu. Maksud saya masuk ke Puskesmas baru dengan semuanya serba baru,” imbuhnya.

Disampaikannya, salah satu alasan agar pihaknya harus segera pindah ke gedung baru di Jalan Mangga II tersebut karena gedung lama Puskesmas Kampung Bugis akan dijadikan sebagai Labkesda.

“Jadi kami bersurat pinjam pakai gedung. Tapi takutnya kalau ada kerusakan, kami lagi yang mengganti selama 180 hari itu. Jadi itu pagarnya belum selesai, parkiran juga belum selesai. Jadi kami masih sibuk-sibuk bersihkan,” bebernya.

Jika rencana pindah itu dilakukan, lanjutnya, pelayanan di gedung lama Puskesmas Kampung Bugis akan ditutup sementara. Berikutnya akan dialihkan ke Puskesmas Tanjung Redeb.

“Perkiraan saya tanggal 13 akan ditutup sementara pelayanan di Puskesmas Kampung Bugis. Bisa diarahkan ke Puskesmas Tanjung,” tandasnya. (Adv/Pem/Jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *