KPU Berau Gelar Seleksi Tertulis PPS Pemilihan Pilkada 2024

oleh -99 views
Seleksi tertulis PPS . dok

TANJUNG REDEB,DIMENSINEWS- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Berau melaksanakan seleksi tertulis untuk calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Berau Tahun 2024, bertempat Kantor Kecamatan Batu Putih dan Biduk-Biduk, Jum’at (17/5/2024) lalu.

Dari 52 pendaftar, seleksi hanya diikuti 50 peserta dari 2 Kecamatan, yakni 27 dari Kecamatan Batu Putih dan 23 dari Kecamatan Biduk-Biduk. Dua peserta lainnya tidak hadir dengan keterangan, 1 mengantar anak berobbat ke luar daerah dan 1 sedang berkegiatan lain di saat bersamaan.

Berlangsung dalam 1 hari, pelaksanaan ujian di Kecamatan Batu Putih dimulai sekitar pukul 8.00-11.00 sementara di Kecamatan Biduk-Biduk mulai sekitar pukul 14.00-17.00 Wita.

“PPS yang terpilih nantinya adalah PPS yang siap membantu kerja KPU dalam melaksanakan setiap tahapan Pilkada,” ungkap Ketua KPU Berau, Budi Harianto.

Calon PPS yang mengikuti seleksi tertulis ini merupakan hasil seleksi administrasi yang dilakukan beberapa waktu lalu. Ia berharap untuk nantinya PPS Terpilih adalah benar-benar PPS yang bisa menjadi perpanjangan tangan KPU, dalam melaksanakan setiap tahapan. Lebih penting lagi, selalu menjunjung tinggi profesionalitas, integritas, dan loyalitas dalam bekerja.

Jika mengacu pada Peraturan KPU 8/2022, tugas PPS secara umum dalam penyelenggaraan Pilkada 2024 diantaranya mengumumkan daftar Pemilih sementara, menerima masukan dari masyarakat tentang daftar Pemilih sementara, dan melakukan perbaikan dan mengumumkan hasil perbaikan daftar Pemilih sementara.

Budi menjelaskan, bagi mereka yang dinyatakan lolos akan mengikuti tahap berikutnya yakni wawancara. Adapun pengumuman hasil seleksi akan dilaksanakan pada 20 Mei 2024. “Maka akan dilaksanakan wawancara mulai 21-23 Mei 2024. Selain itu, di waktu yang bersamaan tahapan tanggapan masyarakat terhadap calon anggota PPK ini juga masih terbuka hingga tanggal 20 Mei 2024,” Budi.

KPU Kabupaten Berau akan menetapkan calon anggota PPS pada 25 Mei 2024, dilanjutkan pelantikan pada tanggal 26 Mei 2024. (wnf)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *