Terus Berbenah, Puskesmas Tanjung Redeb Akan Direhab Total

oleh -97 views
Puskesmas Tanjung Redeb

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS – Pelayanan di bidang kesehatan menjadi salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau. Pemkab Berau pun terus berbenah agar pelayanan di bidang kesehatan dapat dilaksanakan secara maksimal.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas berkali-kali dalam sambutannya menjelaskan pelayanan kesehatan di Berau belum sepenuhnya maksimal karena baik tenaga kesehatan (nakes) maupun fasilitas kesehatan (faskes) belum mencukupi.

“Sehingga nakes dan fasilitas kesehatan baik di Puskesmas maupun rumah sakit akan dilengkapi. Dan pemerintah daerah terus berbenah ke arah itu agar masyarakat dapat dilayani dengan baik,” ungkapnya dalam suatu kesempatan belum lama ini.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Berau, Lamlay Sarie menjelaskan salah satu faskes yang perlu ditangani segera yakni pemugaran Puskesmas Tanjung Redeb. Mengingat, Puskesmas itu sudah sangat tua.

“Kita di Dinkes masih dan akan terus berbenah. Puskesmas kota saat ini memang harus direnovasi. Apalagi Puskesmas Tanjung, 1976 didirikan. Harus dipugarkan sudah,” tegasnya.

Disampaikan Lamlay, dalam melakukan rehab total Puskesmas tersebut dibutuhkan fasilitas pendukung, penunjang atau prioritas yang disesuaikan dengan standar Kemenkes.

“Prototipenya mengikuti standar Kemenkes, misalnya ada ruang poli, gawat darurat, ada ruangan administrasi, dan lain-lain,” jelasnya.

Secara khusus terkait rehab Puskesmas tersebut, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Dedy menjelaskan untuk merehab Puskesmas tersebut, pagu anggaran yang disiapkan dari APBD Berau 2024 sejumlah Rp 8 miliar.

“Saat ini masih proses tender. Itu nanti direhab total. Untuk tender biasanya hampir satu bulanan. Kemungkinan kalau tidak ada halangan, Bulan Juni bisa mulai pekerjaan,” imbuhnya.

Sesuai rencana, lanjut Dedy, Puskesmas tersebut akan diselesaikan pada Desember tahun ini. Fasilitas yang akan dibangun dan dilengkapi saat rehab pun akan disesuaikan dengan Permenkes.

“Insya Allah Desember selesai. Dan sama seperti Puskesmas lainya fasilitas sesuai Permenkes,” tegasnya. (Adv/kes2024/Jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *