Lawan dan Laporkan Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan dan  Anak

oleh -89 views
Rapat Koordinasi upaya Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan (KtP) dan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Selasa (21/5/2024) di Balai Mufakat, Tanjung Redeb.

Bupati Berau Sri Juniarsih Mas

 

*Dorong Berau Menjadi Kota Ramah Perempuan dan Anak

TANJUNG REDEB,DIMENSINEWS-  Bupati  Berau Sri Juniarsih Mas berharap, kaum perempuan di Kabupaten Berau dapat senantiasa terlindungi dan memiliki kesadaran tentang bentuk-bentuk kekerasan, serta tidak segan untuk melawan dan melaporkan kepada pihak yang berwajib tindak kekerasan, apa pun bentuknya, tidak dapat ditoleransi.

“ Saya juga mendorong agar Kabupaten Berau, benar-benar siap menjadi kota yang ramah perempuan. Besar harapan saya, ajang ini bukan hanya seremoni sesaat, melainkan benar-benar mampu diimplementasikan pada seluruh lini, yang menyangkut kepentingan perempuan di Kabupaten Berau menuju Berau yang semakin Sejahtera,” kata Sri Juniarsih ketika membuka Rapat Koordinasi (Rakor) upaya Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan (KtP) dan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO),  Selasa (21/5/2024) di Balai Mufakat, Tanjung Redeb.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas menyebut, terselenggaranya rakor ini sebagai wujud komitmen dan keseriusan kita dalam mengantisipasi terjadinya tindak pidana perdagangan orang dan kekerasan terhadap perempuan di Kabupaten Berau.

“Secara khusus saya meminta kepada segenap perangkat terkait, DPPKBP3A, kelompok dan organisasi perempuan, lembaga masyarakat, relawan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA), untuk bersinergi dalam upaya perlindungan perempuan, termasuk meluaskan jangkauan kampung ramah perempuan dan fasilitas umum yang ramah perempuan,” ungkap Sri.

Disebutkan  peran perempuan dan kaum ibu sebagai madrasah pertama dan utama bagi anak-anaknya, menjadikan sosok ibu sebagai penentu proses tumbuh kembang serta masa depan anak.

Menurutnya, realitas ini pada akhirnya menuntut adanya pemenuhan hak-hak perempuan di berbagai sektor, termasuk aman dari kekerasan.

“Untuk itu sangat memerlukan peran dari berbagai pihak untuk bisa mewujudkan hal tersebut,” ujarnya.

Rakor ini  digagas Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Berau tersebut dihadiri Asisten 1 Setkab Berau, M. Hendratno, Forkopimda, Kepala Dinas DPPKBP3A, Hj. Rabiatul Islamiah serta Kepala OPD terkait. Rakor ini dengan menghadirkan narasumber yakni Asdep Perlindungan Hak Perempuan Pekerja dan TPPO Kemen PPPA, Aresi Armynuksmono.(adv/pem/hel/wnf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *