Perlu Reklamasi Lahan Eks Tambang dan Pemkab Berau Harus Tegasi Perusahaan

oleh -89 views
falen

TANJUNG REDEB,DIMENSINEWS – Kabupaten Berau memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang sangat melimpah. Bukan hanya hasil hutan dan perkebunan, tetapi juga batu bara yang dikenal hingga seantero dunia. Banyaknya lahan galian pasca tambang di Kabupaten Berau cukup ironis, sebab usai dilakukan eksploitasi belum ada penanganan lebih serius

Karena itu, Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau, Falentinus keo Meo meminta kepada perusahaan melakukan reklamasi usai melakukan galian.

“Harus ada pemulihan dan rehabilitasi lahan bekas tambang agar dapat digunakan kembali oleh perusahaan itu,” ungkapnya Selasa (21/5/2024).

Tak hanya itu, Falen sapaannya, turut meminta Pemerintah Kabupaten Berau lebih serius menangani lahan tersebut untuk sektor berkelanjutan.

“Kalau dikelola dengan baik bisa menjadi potensi yang cukup menjanjikan. Seperti pertanian, kebun dan sebagainya,” ujarnya.

Untuk itu, ia meminta dengan tegas kepada Pemkab Berau untuk menegaskan pihak perusahaan untuk melakukan reklamasi terhadap lahan yang sudah di eksploitasi.

“Apalagi banyak lahan pertanian yang sudah beralih ke sektor tambang, jadi harus ditekankan untuk pemulihan ketika sudah menggarap lahan tersebut,” tegasnya.

Ia berharap, Pemkab Berau bisa memberikan perhatian khusus pada sektor pertanian.

‘Sebab, ketika sewaktu-waktu nilai batu bara anjlok, sektor pertanian adalah salah satu solusi pembangkit perekonomian di Berau nantinya,” tegasnya.

Terutama sektor pertanian menurutnya perlu dioptimalkan agar tercipta ketahanan pangan.

“Sektor pertanian perlu di optimalkan, selain membangun ketahanan pangan kita juga bisa membangkitkan roda ekonomi masyarakat,” pungkasnya.(adv/dprd2024/si)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *