Festival Lesung Osap Bukan Hanya Mempertahankan Tradisi, Namun Daya Tarik Wisata

oleh -65 views
Bupati Berau Sri Juniarsih Mas pada pembukaan Fesstival LEsung Osap di Kampung Bena Baru Sambaliung, Kamis (30/5/2024)

TANJUNG REDEB,DIMENSINEWS-  Festival Lesung Osap di Kampung Bena Baru Kecamatan Sambaliung bukan hanya mempertahankan tradisi bagi masyarakat di Bena Baru yang dapat memperkuat persatuan dan kekompakan masyarakat, namun juga menjadi salah satu daya tarik pariwisata otentik Kabupaten Berau.

Hal ini dikemukakan Bupati Berau Sri Juniarsih MAS yanag didampingi Wakil Bupati Berau Gamalis. Kamis (30/05/2024) pada pembukaan Festival Lesung Osap.

Bupati menghaturkan ucapan terima kasih dan memberikan penghargaan tinggi kepada segenap tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh budaya, dan warga Kampung Bena Baru atas terselenggaranya Festival Lesung Osap 2024 ini. Dirinya menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini sebagai upaya merawat Adat Istiadat dan Kebudayaan asli Suku Dayak Kenyah yang ada di Kabupaten Berau.

“Pemerintah Kabupaten Berau memiliki komitmen kuat untuk senantiasa mendukung segala upaya pelestarian kebudayaan, seperti Festival Lesung Osap ini.” ungkapnya.

Sehingganya, Pemerintah Kabupaten Berau juga terus memberikan perhatian besar bagi kekayaan budaya Bumi Batiwakkal, melalui program pembangunan kawasan terpadu, pusat seni, budaya, dan kreativitas berupa taman budaya, amphi theater, pusat kreativitas, kawasan UMKM terpadu  dan pembangunan balai adat, serta program revitalisasi bangunan bersejarah seperti keraton, makam, bersejarah, dan lain-lain.

“Kami mengharapkan Kampung Bena Baru dapat terus eksis sebagai Kampung Budaya. Dimana, Kampung Bena Baru yang merupakan salah satu kampung dengan komunitas Dayak terbesar di Kabupaten Berau. “ kata Sri Juniarsih.

Sehingga lanjutnya, kedepan destinasi wisata Berau, tidak hanya berorientasi pada wisata alam bahari atau kekayaan alam bawah laut, tetapi juga wisata budaya yang masih terawat dan terjaga keasliannya, baik berupa prosesi adat, tarian, dan sebagainya.

“Mari kita menjaga dan merawat adat budaya dan menempatkannya sebagai aset yang berharga, maka potensi pariwisata kita pun akan terus berkembang dan tentunya berdampak padake sejahteraan masyarakat,” katanya.

Untuk itu, Ia mendorong perangkat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Berau agar selalu melakukan pendampingan dan pembinaan kepariwisataan kepada seluruh kampung yang ada di Kabupaten Berau.

Mengingat Kabupaten Berau potensi luar biasa yang kita miliki sebagai salah satu mitra IKN di sektor pariwisata. Festival budaya ini merupakan agenda tahunan Dayak Kenyah Badeng yang telah masuk dalam kalender wisata Berau.

Festival Lesung Osap ini  melaksanakan kegiatan lomba, seperti lomba perahu panjang dan lomba perahu naga, syukuran pasca panen serta tari kolosal. Dan menyedot pengunjung dari berbagai desa dan Kecamatan di Kabupaten Berau. (adv/pem/hel/wnf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *