Bupati Berau Ajak Komponen Bangsa Membumikan Nilai Pancasila

oleh -57 views
peringatan hari lahir pancasila tahun 2024 di halaman kantor Bupati, pada Sabtu (1/6/2024) pagi dengan suasana di guyuran hujan.

TANJUNG REDEB,DIMENSINEWS- Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

Hal ini  disampaikan Bupati Berau Sri Juniarsih Mas membacakan sambutan dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dalam  peringatan hari lahir pancasila tahun 2024 di halaman kantor Bupati, pada Sabtu (1/6/2024) pagi dengan suasana  di guyuran hujan.

Dalam upacara yang di hadiri Forkopimda, dan peserata apel dari berbagai kalangan, Bupati menyebutkan bahwa dalam momentum yang sangat bersejarah ini, di mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ujar Sri Juniarsih.

Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Untuk itu, Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

“Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa,” bebernya.

Mengakhiri pidato, Sri Juniarsih mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

“Harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur dan berwibawa di kancah dunia,” tutupnya.(adv/pem/wnf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *