KPK Sedang Memberikan Survey Penilaian Integritas

oleh -80 views
Asisten lll Sekretariat Daerah Maulidiyah dalam upacara gabungan OPD di halaman kantor Bupati. Senin (3/6/2024). Dok

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS-

Asisten III Sekretariat Daerah Berau, Maulidiyah mempimpin upacara gabungan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Berau, berlangsung di halaman Kantor Pusat Pemerintahan, Senin (3/6/2024) tadi pagi.

Dalam arahan Maulidiyah mewakili Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas menyampaikan beberapa hal yang patut untuk diperhatikan ASN. Diantaranya terkait peran dan fungsi pegawai sebagai abdi negara dan pelayan publik.

Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Daerah akan dilakukan penilaian berjenjang, bagaimana ASN memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, sehingganya dibutuhakan beberapa indikator.

“Sistim penilaian diantaranya seperti Survei Penilaian Integritas (SPI), reformasi birokrasi, dan ada juga Pemantuan Evaluasi Penilaian Publik (PEPIP) serta penilaian – penilaian lainnya, yang dilakukan oleh instansi pusat, baik itu sifatnya yang independen, seperti ombudsmen, Kemenpan maupun yang lain,” ujarnya.

Dijelaskan Maulidiyah, saat ini sedang dilakukan survey penilaian integritas, yang dimulai pada tanggal 31 Mei lalu, pendataan koresponden oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), diminta untuk seluruh perangkat daerah untuk mengisi nomor telpon dan email.

“Data – data yang masuk, dibulan Juni atau Juli nanti akan dirandom oleh pihak KPK, sesuai data yang sudah masuk, serta akan dihubungi oleh pihak KPK terkait pelayanan publik,” terangya.
Oleh karena itu, sambung Mauliyah, jika ada informasi atau email masuk, atau whatsapp harap hal itu ditindaklanjuti, sebab pertanyaan itu langsung dari KPK. Karena ini salah satu indikator dalam menjawab pertanyaan. “Kita tidak bisa menentukan, apakah itu nanti ditujukan kepada kepala dinas, Asisten, Kabid maupun lainnya. Karena ditahun 2023 lalu kita dinilai masih kurang, sebab kurang respon terhadap tindak lanjut pertanyaan dari KPK,” imbuhnya.

Dijelaskan pula, bahwa hari ini ada evaluasi dari Kemenpan, yakni Dinas Sosial, Disdukcapil dan RSUD. Ini juga dilakukan penilaian secara khusus terkait dengan pelayanan publik.

“Untuk itu saya minta dibantu untuk memberikan informasi, agar penilaian tahun ini lebih baik, dari tahun sebelumnya. Kalau secara pelayanan fisik sudah baik, hanya pelaporan saja kita kurang lengkap tahun lalu,” ungkapnya.
Karenanya, jika Berau tidak tertinggal oleh daerah lain terkait penilaian, dimohon jika ada pertanyaan maupun permintaan data, dimohon direspon dan ditindaklanjuti, pintanya.

Hal lain yang disampaikan Maulidiyah, terkait semester ke dua tahun ini, dirinya meminta kepada masing – masing kepala OPD untuk memberikan pelaporan fisik dan keuangannya. Untuk kegiatan – kegiatan fisik yang saat ini belum dilelang, diimbau untuk segera dilelang, mengingat waktu terus berjalan, waktu menunjukkan sudah dipertengahan tahun, dan ini menandakan waktu mulai sangat terbatas.
“Jangan sampai mendekati akhir tahun, kegiatan – kegiatan itu baru dilaksanakan pelelangan. Hal ini akan berdampak terhadap kegiatan – kegiatan itu sendiri.

Untuk itu saya mengajak, kita sebagai ASN untuk menjalankan tugas secara profesional, menjalin komunikasi antar OPD, dan kepala OPD minimal melaksanakan komunikasi diinternal melalui rapat staf, sebagai bahan evaluasi kinerja,” katanya. (adv/pem/wnf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *