Sri Kumalasari : Duta Gendre Harus Berperan Peningkatan Kualitas Kehidupan Remaja

oleh -50 views
Sri Kumalasari anggota DPRD Berau

TANJUNG REDEB,DIMENSINEWS-  Anggota DPRD Berau Sri Kumalasari mengapresiasi atas digelarnya pemilihan duta gendre oleh DPPKBP3A  Sabtu (1/ 6/2024) lalu di Balai Mufakat Tanjung Redeb.

Disebutkan Mala, panggilannya, jika kembali kepada peran dan fungsi duta genre, maka selayaknya pemenang dapat membantu pemerintah Kabupaten Berau untuk berperan penting dalam meningkatkan kehidupan remaja di Kabupaten Berau.

“Tinggal instansi terkait saja yang mau melibatkan duta genre, karena pemenang ini sudah disaring dan tentu memiliki kapasitas  dan kualitas intelektual yang mumpuni,” kata Mala lagi.

Seperti untuk menunjang tujuan pemerintah, duta gendre sebagai penggerak kesadaran kesehatan reproduksi.

“Disini duta  genre berperan dalam  meningkatkan kesadaran remaja tentang kesehatan reproduksi. Mereka menyebarkan informasi yang akurat dan penting mengenai pilihan yang tersedia, risiko, dan manfaat perawatan kesehatan reproduksi yang berkualitas,” ungkap politisi Partai Golkar ini.

Sebagai figur yang diakui dan dihormati oleh remaja, duta genre dapat menjadi inspirasi yang memotivasi mereka untuk meraih prestasi dan mengembangkan diri.

Hal ini dapat berdampak positif pada aspek kesehatan mental serta pengembangan diri bagi remaja.

Mala juga menyarankan dalam memerangi miras dan narkoba, agar duta gendre turut berperan untuk dapat memberikan penyuluhan dan pencerahan di kalangan remaja.

Sebelumnya Pemkab Berau melalui DPPKBP3A mengelar pemilihan duta gendre yang bergerak dibawah naungan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional BKKBN.
Program genre merupakan program yang dikembangkan untuk  penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan, dengan harapan bagi remaja agar mampu melangsungkan jenjang pendidikan dan berkarir dalam pekerjaan secara terencana.

Adapun pemenang duta genre di Kabupaten Berau pada Sabtu (1/6/2024) di balai mufakat,  Juara 1  putri Septiana Ayu Lestari (SMKN 1 Berau) ,putera  Rivaldianus Ricardo Valentino Cileng (SMAN 2 Berau), juara 2 puteri Felizah Putri Ardianti (SMAN 1 Berau),  putera  Charlie Cornery Kala (SMAN 2 Berau), Juara 3 puteri Nurmiati (MAN Berau) putera Agung Prabowo (SMKN 1 Berau), juara favorit puteri  Alycia Safira (SMAN 1 Berau) dan juara putera  Kamil Rakhadian (SMA Muhammadiyah). (adv/dprd2024/hel)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *