Dinkes Berau Berperan  Pecahkan Rekor  MURI  Pengukuran Tekanan Darah

oleh -144 views
Pemeriksaan kesehatan dii sasana terapi Lin tien Kung Car Free Day Jalan Jendral Ahmad Yani . foto Helda Mildiana

Kadis Kesehatan  Kabupaten Berau Lamlay Sari dalam Peringatan Hari Hipertensi se Dunia, Minggu (9/6/2024). foto helda

 

TANJUNG REDEB,DIMENSINEWS- Kabupaten Berau bersama Kabupaten dan kota di Kaltim, berperan dalam pengukuran tekanan darah masal se Kaltim yang masuk rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) dalam peringatan Hari Hipertensi se dunia (HHS) .

Sebenarya peringatan HHS yang tanggal 17 Mei 2024, hanya saja untuk se Kaltim  serentak diperingati pada Minggu pagi (9/6/2024) tadi.  Untuk di Kabupaten Berau berpusat di sasana terapi Lin Tien Kung masuk area Car Free Day jalan Jenderal Ahmad Yani Tanjung Redeb.

Ajang yang digelar Dinas Kesehatan tepatnya bidang Penyakit Tidak Menular (PTM) ini, menyedot perhatian masyarakat, selain area tersebut jalur Car Free Daya (CFD) setiap Minggu pagi menjadi pusat latihan terapi Lin Tien Kung, juga menjadi tempat rekreasi sepanjang preservasi yang baru saja di bangun Pemkab Berau.

Dinkes Berau  mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan slogannya Germas yang merupakan gerakan memasyarakatkan  hidup sehat dan meninggalkan perilaku kurang sehat.

Mempersiapkan makanan sehat di sasana Lin Tien Kung, serta puluhan petugas dari Dinas Kesehatan siap melayani masyarakat untuk pemeriksaan kesehatan seperti pengukuran tekanan darah, kolestrol dan gula darah.

Namun sebelum pemeriksaan ini, Kadis Kesehatan Kabupaten Berau Lamlay Sari bersama Asisten Pemerintahan dan Kesra M Hendratno, Asisten  III Setkab Berau Maulidiyah, Kepala Puskesmas Kampung Bugis Bahri Karta Kesuma dan IDI Berau bersama masyarakat mengikuti terapi Lin Tien Kung.

Usai Terapi lin tien kung, pemeriksaan kesehatan gratis berhasil berjalan dan berakhir sekitar pukul 11.00 wita melayani masyarakat yang datang ke area untuk memeriksakan diri berupa tekanan darah, cek kolestrol, asam urat dan gula darah.

Menurut keterangan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Garna Sudarsono dari total pemeriksaan yang dilakukan untuk se Kabupaten Berau lebih dari 2.000 orang.

“Petugas kesehatan berhasil merekap jumlah masyarakat yang dilayani untuk diperiksa kesehatannya pada jumlah tersebut orang pada pukul 11.00 wita. Jumlah tersebut temasuk  pemeriksanaan gratis pada 21 Puskesmas di Berau  pada  Jumat dan Sabtu rangkaian hari peringatan HHS  ,” katanya.

Sementara itu Kadis Kadis Kesehatan Lamlay Sari menyebutkan dari rekap pada Dinkes Kaltim berhasil mengajak 20.695 peserta se Kaltim  untuk mengikuti pemeriksaan tekanan darah. Angka ini melampaui target yang ditetapkan sebelumnya, yaitu 16.500 orang untuk masuk MURI.

“Dalam hal ini , Kabupaten Berau turut berperan dalam pencapaian rekor MURI dan komitmen pemberantasan hipertensi,” ucapnya.

Lanjut Lamlay, orang sedangkan hasil akhir , kalau untuk Kabupaten Berau diberi target 1.080 orang, sedangkan hasil akhir mendapatkan angka 1.814 , sehingga melebihi target yang diberikan.

Kinerja ini menunjukkan kalau Dinkes Berau berkomitmen  mendukung upaya penanggulangan penyakit hipertensi yang merupakan salah satu indikator pelayanan pada Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehaatan..

“Dan hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang memiliki dampak signifikan terhadap kesehatan masyarakat. Hipertensi berpotensi menyebabkan komplikasi serius seperti penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal,” ungkapnya.

Untuk itu Dinkes Berau melaksanakan beberapa langkah strategis, di antaranya mengembangkan dan menyebarluaskan informasi yang akurat dan mudah dipahami tentang hipertensi, termasuk faktor risiko, gejala, dan cara pencegahan.

, pencapaian rekor MURI diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan memeriksakan tekanan darah secara berkala.(adv/kes/hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *