Penting Deteksi Dini Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup

oleh -74 views
Hendratno Asisten Pemerintahan dan Kesra Setkab Berau mewakili Bupati Berau dalam Peringatan Hari Hipertensi se Dunia , Minggu (/6/20224). foto helda mildiana

TANJUNG REDEB,DIMENSINEWS- Bupati Berau Sri Juniarsih Mas dalam peringatan Hari Hipertensi se Dunia (HHS) Minggu (9/6/2024) serentak dilaksanakan se Kaltim,  melalui asisten Pemerintahan dan Kesra 1 Hendratno, menyebutkan kesadaran tentang bahaya hipertensi dan pentingnya deteksi dini untuk meningkatkan kualitas hidup dan menguransi angka penderita hipertensi.

“Bupati mengajak kita, mari kita bersama sama dengan seluruh masyarakat daerah lainya untuk melakukan deteksi dini massal pengurukuran tekanan darah,” kata M Hendratno di hadapan peserta terapi Lin Tien Kung dan masyarakat yang hadir dalam HHS  yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Berau di sasana terapi Lin tien Kung wilayah Car Free Day jalan Jenderal Ahmad Yani Tanjung Redeb .

Juga dihadapan Kadis Kesehatan Lamlay Sari dan jajarannya, Hendratno membacakan pidato Bupati Berau, kalau hipertensi yang merupakan ganguan kesehatan menjadai sumber penyakit lainya.

Dipaparkan kalau berdasarkana data di Dinas Kesehatan sekitar 20 persen atau 4,528 orang dari total target yang mengikuti pengecekan kesehatan per bulan Mei tercatat mengalami hipertensi.

Dan tingginya angka ini menjadai sebuah peringatan untuk memulai hidup sehat bagi seluruh kalangan masyarakat Kabupaten Berau.

“Mengigat penderita tidak lagi mengenal usia. Banyak anak muda dengan gaya hidupnya diam diam juga menderita hipertensi. Banyaknya sarana kesehatan dan sarana olahraga yang tersedia, kata.

Dan tingginya angka ini menjadi sebuah peringatan untuk memulai hidup sehat bagi seluruh kalangan masyarakat Berau.

“Kami selaku pemerintah , berkomitmen untuk selalu mengembangkan dan meng-upgrade segala sarana untuk kepentingan kesehatan masyarakat di Kabupaten Berau,” lanjut Hendratno.

Dan pemeriksaan kesehatan massal ini, dimanfaatkan dengan baik selain juga tersedia faskes lainya yang dapat dijangkau masyarakat.

Untuk OPD terkait diharapkan  untuk terus mengalakkan pentingnya deteksi dini dan kesadaran akan keadaan medis seperti hipertensi ini untuk bersama sama mengedukasi masyarakat dengan pola hidup yang baik .

Sementara itu, peringatan HHS, menyedot peserta mengikuti pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan Dinkes Berau, dengan berhasil menyedot peserta sekitar 300 an orang dan di lokasi Sasana Lin tien Kung Car Free Day jalan Jenderal Ahmad Yani. Sedangkan untuk se Kabupaten Berau berhasil memeriksa kesehatan  sejumlah 1.080 orang, melebihi dari target yang dicapai. (adv/kes/hel)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *