Pencanangan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting

oleh -6 views
Bupati Berau Acara Pencangan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Posyandu Kenari Jl. Milono Gang Pada Idi Tanjung Redeb. Rabu (12/06/2024).

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS – Untuk  menurunkan tinggi nya kasus stunting di Kabupaten Berau, Bupati Berau Sri Juniarsih MAS Bersama Waki Bupati Berau Gamalis yang juga selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting menghadiri Acara Pencanagan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Posyandu Kenari Jl. Milono Gang Pada Idi Tanjung Redeb. Rabu (12/06/2024).

Acara yang dilaksanakan serentak se Kalimantan Timur Bersama seluruh Posyandu melalui Zoom Meeting yang di pusatkan di Posyandu Angsoka Loa Janan Ulu Kabupatene Kutai Kartanegara dan dihadiri dan di buka PJ. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik. Kegiatan ini mencakup Pendataan, Penimbangan, Pengukuran dan Fasilitasi Kegiatan Edukasi.

Turut hadir Kepala DPPKBPPPA Rabiatul Islamiyah, Kapala Dinas Pangan Rakhmadi Pasarakan, Sekretaris Dinas Kesehatan, Lurah Tanjung Redeb, PKK, Ikatan Adhyaksa DharmaKarini, Ketua RT, Kader Posyandu Kenari, Petugas Kesehatan Puskesmas Kampung Bugis, serta ibu-ibu peserta posyandu.

Bupati Berau Sri Juniarsih Mas dalam sambutannya  memaparkan bahwa Pemkab Berau komitmen dan konsistensi serta keseriusan pada pencegahan dan penanggulangan angka stunting di  Berau khususnya di wilayah Kecamatan  Tanjung Redeb yang merupakan wilayah ibukota Kabupaten.

“Untuk diketahui Bersama, prevalensi stunting di Kecamatan Tanjung Redeb saat ini sebesar 17,95% dan jumlah anak yang mengalami stunting sebanyak 28 anak serta jumlah keluarga yang beresiko stunting sebanyak 735 keluarga,” ungkapnya.

Bupati menganggap hal ini sangat serius mengingat Kecamtan Tanjung Redeb merupatan Ibukota Kabupaten, dimana penanggulangannya tidak hanya melalui petugas puskesmas dan kader posyandu, tetapi ini menjadi tugas kita semua dalam arti memberikan pemahaman dan edukasi  kepada orang tua yang memiliki balita atau remaja putri tentang penanggulanan stunting.

Ia juga mengajak kepada OPD terkait untuk berkolaborasi dalam upaya menekan tingginya angka stunting dan penurunan stunting.

Sebagai Upaya penurunan angga stunting, Bupati menegaskan kepada Dinas Kesehatan dan DPPKBP3A untuk mendata dan dan mendampingi kegiatan yang ada di posyandu oleh petugas puskesmas guna mengantisipasi peningkatan kasus stunting. Serta rutin melaksanakan intervensi serentak penurunan stunting setiap bulan. (adv/pem/wnf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *