Kolaborasi Sehat UPTD Puskesmas Bugis bersama Forum Berau Sehat Di Kelurahan Gayam

oleh -61 views
UPTD Puskesmas Bugis, Forum Berau Sehat dan Kelurahan Gayam dalam mengiatkan germas dan mengelorakan Kabupaten Kota Sehat
cek kesehatan

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS –  Kolaborasi sehat UPTD Puskesmas Bugis dan Forum Berau Sehat (FBS) pada Jumat pagi (13/6/2024) di Kelurahan Gayam jalan Murjani 1 Tanjung Redeb berupa aksi mengelorakan germas (gerakan masyarakat hidup sehat) dan Kabupaten Kota Sehat.

Gerakan yang dilakukan keduanya ini berupa senam sehat, makan buah dan sayuran, pemeriksaan kesehatan dan konsultasi gizi.

Pemeriksaan kesehatan berupa cek gula daerah dan pengukuran tekanan darah ditangani petugas kesehatan Puskesmas Bugis. Sedangkan senam sehat ditangani Forum Berau Sehat yang di ketuai Sultan.

Sementara Purwawijoyo Lurah Gayam yang memiliki lokasi sekaligus mensupport acara, mengungkapkan kalau aksi sehat yang dilaksanakan ini diharapkan terus berlanjut setiap bulan.

Bahri Karta Kesuma Kapus Bugis menyebutkan germas yang dilaksanakan bertujuan untuk mememasyarakat gerakan budaya hidup sehat serta meningkatlkan kebiasaan dan perilaku masyarakat kurang sehat.

“Tujuh langkah gerakan masyarakat hidup sehat, yang diantaranya hari ini kita laksanakan, seperti melakukan aktivitas fisik seperti berolah raga senam bersama kemudian yang kedua makan buah dan sayuran.” kata Bahri.

Disebutkan keinginan memakanan makanan praktis dan enak seringkali menjadikan berkurangnya waktu untuk makan buah dan sayur yang sebenarnya jauh lebih sehat dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh,” papar Bahri .

Tujuh  gerakan masyarakat hidup sehat lainya , yakni tidak merokok yang kebiasaan yang banyak memberi dampak buruk bagi kesehatan. Berhenti merokok menjadi bagian penting dari gerakan hidup sehat dan akan berdampak tidak pada diri perokok, tetapi juga bagi orang di sekitarnya.

Kemudian tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, minuman beralkohol memiliki efek buruk yang serupa dengan merokok; baik itu efek buruk bagi kesehatan hingga efek sosial pada orang di sekitarnya.

Selanjutnya melaksanakan cek kesehatan secara berkala, salah satu bagian dari  gerakan masyarakat hidup sehat adalah dengan lebih baik dalam mengelola kesehatan.

“Diantaranya adalah dengan melakukan cek kesehatan secara rutin dan tidak hanya datang ke rumah sakit atau puskesmas ketika sakit saja, di kala sehat pun perlu mengecek seperti  cek kesehatan berat badan (BB) dan tinggi badan (TB) secara rutin
melakukan pengecekan berat badan berguna agar anda bisa mendapatkan nilai Indeks Massa Tubuh (IMT) yang nantinya dapat menentukan apakah berat badan dan tinggi badan sudah berada dalam kondisi ideal atau berisiko terkena penyakit tidak menular (PTM).

Cek lingkar perut secara berkala, dengan melakukan cek lingkar perut secara berkala maka bisa mengontrol lemak perut, jika berlebihan dapat menyebabkan penyakit seperti stroke, diabetes hingga serangan jantung.

Cek tekanan darah, untuk mengetahui pengecekan tekanan darah dapat membantu mendeteksi adanya risiko stroke, hipertensi hingga jantung. Cek kadar gula darah berkala, fungsi mata, kolestrol, deteksi dini kanker leher rahim, seperti Test PAP SMEAR dan Test IVA dan cek Sadari Periksa Payudara Sendiri
Sedangkan Ketua Forum Berau Sehat, Sultan dalam acara aksi sehat ini menyebutkan kalau organisasi yang dipimpinnya dapat bersinergi dengan UPTD Puskesmas Bugis untuk mencapai tujuan untuk tercapainya Kabupaten Kota Sehat.

Untuk  Kabupaten Kota Sehat, yang mana untuk di Kabupaten Berau mengunakan nama Forum Berau Sehat menjalankan 9 tatanan Kabupaten kota sehat.

“Dalam kegiatan ini masuk dalam tatanan pertama yakni kehidupan masyarakat sehat dan mandiri yang artinya sudah masuk dalam germas seperti menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menjaga kesehatan dengan mengecek kesehatan secara rutin,” papar Sultan.

Kemudian tatanan lainya diterapkan kepada masyarakat seperti pemukiman dan fasillitas umum, pasar, satuan pendidikan, pariwisata, perkantoran dan perindustrian, tranportasi dan tertib lalu lintas jalan, perlindungan sosial dan tatanan pencegahan dan penanganan bencana.(adv/kes/hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *