Berau Coal Kembali Raih Apresiasi Terbaik Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan

oleh -56 views
Pj Gubernur Akmal Malik memberikan penghargaan kepada PT Berau Coal pada hari Lingkungna Hidup di Grand Senyiur Balikpapan. foto dok PT Berau Coal

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS – PT Berau Coal (BC) kembali meraih apresiasi dan penghargaan terbaik Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) Daerah dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim), tahun 2024.

Penghargaan itu diberikan Akmal Malik, selaku Pj Gubernur Kaltim kepada PT BC saat digelarnya peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, tahun 2024 dengan tema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan,” di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Rabu (12/6) lalu.

Adapun, penghargaan tersebut diberikan kepada 4 site operasi PT Berau Coal dengan 3 site mendapat peringkat emas dan 1 site peringkat hijau, sebagai apresiasi atas kinerja PT yang telah mengelola lingkungan secara berkelanjutan dan berkat kontribusi sosialnya kepada masyarakat sekitar.

“Prestasi ini merupakan bukti nyata bahwa perusahaan-perusahaan di wilayah Kalimantan Timur mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan hidup. Kita semua bertanggung jawab untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup, agar Kalimantan Timur dapat menjadi contoh dan pelopor dalam mengelola lingkungan hidup yang baik di Indonesia,” ungkap Akmal Malik.

Dengan diraihnya penghargaan itu, Akmal Malik pun berharap agar perusahaan-perusahaan yang ada di Kaltim termasuk PT BC dapat semakin baik dalam bertumbuh. Prestasi yang telah didapatkan juga harus dilihat sebagai inspirasi untuk meningkatkan pengelolaan lingkungan.

General Manager System Compliance, Environment and Mine Closure PT BC, Febriwiadi Djali, merasa bersyukur atas 3 peringkat emas dan 1 peringkat hijau yang telah diraih oleh PT BC. Menurutnya, pencapaiannya itu merupakan bukti nyata perusahaan melampaui standar persyaratan (beyond compliance) yang ditetapkan dalam mengelola lingkungan hidup sekaligus upaya pengembangan masyarakat yang berkelanjutan.

Dijelaskannya, perusahaan memiliki sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan (K3L) bernama Berau Coal Green Mining System (BeGeMS) dalam menjalankan operasional pertambangan. Sistem tersebut menerapkan pengelolaan lingkungan yang sistematis, terukur, dan inovatif.

“Alhamdulillah atas raihan penghargaan 3 emas dan 1 hijau ini, ini wujud apresiasi atas upaya yang telah dilakukan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat di seluruh operasi kami. Kami dan mitra kerja terus berusaha untuk melakukan yang terbaik dan ini tentu menjadi pemicu semangat bagi kami untuk terus konsisten dan lebih baik lagi,” ujar Djali.

Febriwiadi Djali menyampaikan bahwa apresiasi dari pemerintah atas upaya yang telah dilakukan perusahaan merupakan bagian dari pengawasan dan pembinaan yang dilakukan kepada perusahaan. Penghargaan ini menjadi evaluasi yang berkelanjutan kepada perusahaan-perusahaan di daerah khususnya sektor pertambangan yang erat hubungannya dengan pengelolaan lingkungan.

Penghargaan yang diberikan itu juga dapat menjadi indikator untuk melihat bagaimana upaya-upaya perusahaan dalam mendukung program-program pemerintah dalam mewujudkan lingkungan yang lestari.

Untuk diketahui, terdapat lima peringkat dalam Proper, yakni emas sebagai peringkat tertinggi, hijau, biru, merah dan hitam. Aspek-aspek yang dinilai adalah aspek Pengelolaan Lingkungan Hidup Utama yang terdiri dari: pengelolaan air limbah, pengelolaan udara, pengelolaan B3 dan limbah B3, pengelolaan sampah, pengelolaan reklamasi dan revegetasi.

Tak hanya itu, terdapat juga Pengelolaan Lingkungan Hidup Tambahan, yang terdiri dari: Pengelolaan 3R, konservasi kahati, mitigasi perubahan iklim & efisiensi energy, sertifikasi dan pengelolaan lingkungan hidup, studi dan pengelolaan kerusakan lahan, Comdev.

Dari hasil penilaian, sebanyak 14 perusahaan mendapatkan Proper Emas, 127 perusahaan Proper Hijau, 119 perusahaan Proper Biru dan 13 perusahaan Proper Merah. Dengan demikian total perusahaan yang meraih penghargaan itu sebanyak 273 perusahaan.

PT BC, khususnya pada tahun ini, mendapatkan tiga peringkat Emas untuk site Lati, Sambarata, dan Binungan serta satu peringkat hijau untuk site Gurimbang. Penghargaan tersebut merupakan bukti komitmen dan keseriusan PT BC atas pengelolaan lingkungan hidup dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. (Adv/bc/Jo/hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *