Pintu Masuk Danau Ubur Ubur Kakaban Diresmikan

oleh -43 views
Bupati Berau Sri Juniarsih di Pintu Masuk Danau ubur . ubur di kakaban. foto Aji Nugraha prokopim

 

MARATUA, DIMENSINEWS- Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas bersama Wakil Bupati Gamalis

Meresmikan pintu masuk danau ubur ubur Kakaban di Kepulauan Maratua, Kamis sore (20/6/2024).

Pintu masuk jalur tracking sepanjang kurang lebih 400 meter dan dermaga apung melengkapi fasilitas akses baru ini, merupakan gawe

Pemerintah Kabupaten Berau melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Anggaran yang dikucurkan kurang lebih sebesar Rp3,8 miliar

pada tahun 2023 lalu untuk pembangunan pintu masuk baru Pulau Kakaban ini. Meskipun belum dibuka untuk umum, namun fasilitas ini jauh lebih baik dari akses yang telah ada sebelumnya

Bupati Berau Sri  mengungkapkan pengembangan destinais wisata di Bumi Batiwakkal, salah satuhya pembangunan akses menuju destinais wisata pulau yang memiliki keunikan dengan dihuni ubur ubur tidak menyengat.

“Ini salah satu dari beberapa fasilitas menuju destinai wisata yang kita bangun, sebelumnya air terjun  di Bidukbiduk, Air Panas Pamapak di Biatan dan juga tracking Danau Nyadeng di Merabu. Bertahap fasilitas disemua destinasi kita tingkatkan,” ungkapnya.

Pintu masuk tepat berhadapan dengan Kampung Payung Payung di Pulau Maratua, dikatakannya akan semakin mendekatkan akses kunjungan wisatawan dan tentunya juga memberikan kemudahan dan kenyamanan.

Selain itu keaslian alam yang masih tetap dijaga menambah keasrian.

“Jalurnya memang harus menanjak dan harus menguras tenaga untuk menempuhnya, ini karena kita tetap menjaga keaslian lingkungan dan semua akan terbayar ketika kita sampai di dermaga apung dan menyaksikan ubur ubur yang bermain di Danau Kakaban,” ucapnya.

Bupati meminta instansi terkait untuk terus menyempurnakan pembangunan fasilitas ini, termasuk memastikan pengelolaan danau dan menindaklanjuti kajian teknis terkait keberadaan ubur ubur yang beberapa waktu lalu dikabar mengalami pengurangan.

Sehingga destinasi wisata unggulan Kabupaten Berau ini tetap terjaga dan menjadi destinasi pilihan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Hal senada disampaikan Wakil Bupati, Gamalis, yang  menyambut baik keberadaan akses baru ke Kakaban yang menurutnya jauh lebih tertata rapi dari yang ada sebelumnya. Sehingga ini tentu akan memberikan kenyamanan kepada wisatawan.

“Alhamdulillah trackingnya bagus dan rapi. Kedepan bagaimana kita menjaga agar ubur ubur tetap banyak di di danau ini yang menjadi ikon menarik bagi wisatawan yang datang,” tandasnya. (prokopim/hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *