Aksi Sehat FBS dan UPTD Puskesmas Bugis di Kelurahan Karbon

oleh -64 views
pemeriksaan kesehatan gratis oleh Forum Berau Sehat dan UPTD Puskesmas Bugis di Kelurahan Karang Ambon. foto dok Puskesmas Bugis

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS – Jumat ini, aksi sehat dilakukan Forum Berau Sehat di dua tempat, yakni di Kelurahan Karang Ambon (Karbon) dan di Pendopo Kecamatan Maratua (21/6/2024).

Meski hujan menguyur kota Tanjung Redeb, aksi sehat Forum Berau Sehat bersama UPTD Puskesmas Bugis tetap berjalan. Karena ini sudah terjadwal jauh hari, dengan melaksanakan kegiatan berupa senam sehat, makan buah dan sayuran, pemeriksaan kesehatan dan konsultasi gizi.

Pemeriksaan kesehatan berupa cek gula daerah dan pengukuran tekanan darah ditangani petugas kesehatan Puskesmas Bugis. Sedangkan senam sehat bersama instruktur dari  Forum Berau Sehat.

Lurah Karbon Muliana mengharapkan kegiatan aksi sehat dapat terus berlanjut di setiap bulan pada kelurahan di Tanjung Redeb. “Kami akan terus mengajak masyarakat untuk dapat berolahraga bersama dan memeriksakan kesehatan,” kata Muliana.

Sedangkan Puskesmas Bugis melalui dr Indri  mengajak masyarakat agar menjalani hidup sehat dengan tidak merokok, bayi mendapatkan ASI eksklusif, melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga dan senam sehat yang dilaksanakan Jumat .

Aktivitas fisik lainya, misal di sekolah anak anak bisa mengikuti olahraga secara rutin , dan melakukan peregangan pada pergantian jam pelajaran dan bermain pada jam istirahat dan memperbanyak kegiatan berjalan kaki.

“Sedangkan dirumah melakukan aktivitas fisik ini seperti mencuci, berkebun dan menemani anak bermain,” kata Indri lagi.

Sedangkan di tempat kerja, bisa dibuat olah raga rutin seperti senam, dan melakukan aktivitas peregangan disela sela kerja, juga memperbanyak berjalan kaki.

“Juga konsumsi sayur dan buah dan memeriksakan kesehatan secara berkala, seperti pemeriksaan kesehatan yang kami laksanakan ini, silahkan cek kesehatannya,” kata dr Indri.

Cek kesehatan bisa juga dilakukan pada Puskesmas, Posyandu dan Posbindu secara gratis menggunakan BPJS.(adv/kes/hel)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *