Wisata Air Panas Pemapak Bisa Jadi Penggerak Ekonomi UMKM

oleh -41 views
Syarifatul Syadiah

DIMENSINEWS, TANJUNG REDEB- Wajah baru setelah direnovasi, objek Wisata Air Panas Pemapak di Kampung Biatan dinilai dapat menjadi penggerak roda perekonomian lokal melalui fasilitas khusus untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) disana.

Wakil Ketua I DPRD Berau, Syarifatul Syadiah mengatakan renovasi yang dilakukan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau destinasi wisata pemandian air panas Pemapak, Kampung Biatan Bapinang, Kecamatan Biatan menghabiskan anggaran sebesar Rp4,8 miliar melalui Anggaran Dana Bagi Hasil dan Dana Reboisasi (DBHDR).

Perbaikan fasilitas tersebut meliputi pembangunan taman, toilet, kamar ganti, pendopo UMKM, hingga gerbang selamat datang.

“Harusnya, setelah disediakan fasilitas khusus UMKM tersebut dapat dimanfaat masyarakat setempat memperdagangkan hasil olahan produk lokal,” ujarnya Selasa (25/6/2024).

Menurutnya, dengan wajah baru yang ditampilkan wisata air panas tersebut dapat memiliki potensi yang besar untuk menarik minat para wisatawan untuk datang berkunjung.

“Sehingga, selain mendatangkan wisatawan, pemandian air panas pemapak juga bermanfaat untuk menjadi wadah masyarakat mengais rezeki,” ucapnya.

Politisi partai Golkar itu mendorong agar Disbudpar Berau bekerjasama dengan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) bisa berkolaborasi menata kawasan khusus UMKM agar lebih tertata dan rapi.

“Sehingga, dengan penataan kawasan pariwisata yang lebih rapi dapat menjadi magnet bagi pelancong betah berlama-lama di kawasan wisata air panas, yang selama ini juga merupakan destinasi wisata andalan di Bumi Batiwakkal,” ungkapnya.

“Sediakan tempat atau lokasi khusus untuk UMKM bisa menjual produknya masing-masing. Sehingga semua tertata dan tetap terjaga kebersihan,” tambahnya

Syarifatul berharap, lokasi wisata Air Panas Asin Pamapak Bapinang memiliki dampak positif bagi Kabupaten Berau ataupun masyarakat sekitar kawasan.

“Pasti banyak yang berkunjung. Dan retribusi yang dihasilkan pun juga pasti besar dan ini sangat berdampak baik bagi masyarakat sekitar begitu juga para pemilik usaha,” pungkasnya. (Adv/dprd2024/si)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *