Anggota Komisi II DPRD Minta OPD Terkait Evaluasi Pertanian di Berau

oleh -4 views
Nurung

DIMENSINEWS, TANJUNG REDEB-  Anggota Komisi II DPRD Berau, Nurung meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait melakukan evaluasi di sektor pertanian Kabupaten Berau

“Karena ini tidak lepas dari masih bergantungnya Kabupaten Berau akan kebutuhan pangan terhadap impor dari luar daerah,” ucapnya Kamis (27/6/2024).

Kondisi itupun sangat disayangkan, karena Kabupaten dengan julukan Bumi Batiwakkal ini memiliki sektor pertanian yang harus dikembangkan.

Nurung mengatakan selama ini produk hasil pertanian masih banyak didatangkan dari luar daerah, seperti beras, sayur dan buah-buahan dari Pulau Jawa maupun Sulawesi.

“Bagaimana cara menekannya, yaitu meningkatkan sektor pertanian kita. Makanya perlu evaluasi, apa saja kendala selama ini dan itu harus dituntaskan,” ungkapnya.

Selama ini, kata dia, para petani kerap mengeluhkan masalah pupuk, alsintan dan sebagainya.

“Bahkan, bantuan yang kurang diperhatikan menyebabkan banyak petani meninggalkan sektor pertanian dan memilih sektor lain, terutama pertambangan dan perkebunan sawit,” bebernya.

“Kalau masyarakat tidak dibantu, jelas mereka bisa alih fungsikan lahannya. Ini tentu harus diperhatikan secara serius dan OPD terkait harus cepat tanggap dalam menyikapi masalah ini,” tambahnya

Diakuinya, lahan persawahan di Berau cukup luas dan kualitas padi yang dihasilkan tidak kalah dibanding beras dari luar daerah.

“Sangat disayangkan potensi ini dibiarkan begitu saja dan lahan pertanian, seperti sawah beralih fungsi menjadi perkebunan sawit atau konsesi pertambangan batu bara,” bebernya.

Alhasil dirinya mengimbau kepada OPD terkait agar memperhatikan kesejahteraan para petani setiap kecamatan. (adv/dprd2024/si)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *