Bupati Berau : Volume Sampah Tiap Tahun di TPA Bujangga Meningkat

oleh -12 views
Sri Juniarsih di lokasi bank sampah Sukses Bersama Kelurahan Bugis. foto helda

 

Bupati Berau : Volume Sampah Tiap Tahun di TPA Bujangga Meningkat

TANJUNG REDEB,DIMENSINEWS-

Bupati Berau Sri Juniarsih Mas mengungkapkan bahwa jumlah volume sampah setiap tahun di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bujangga mengalami peningkatan

“Volume sampah di TPA setiap tahun bertambah, serta kapasitas tempat sampah yang ada di Bujangga sudah melebihi kapasitas,” ucapnya Senin (1/7/2024).

Tentu hal ini, Sri menilai ingin gerak cepat membuat strategi baru atasi masalah sampah kian menumpuk tinggi di TPA Bujangga

“Dan peran serta seluruh masyarakat dalam mengurangi sampah yang masuk TPA dan hal ini tentu saja diperlukan komitmen dan kolaborasi semua pihak untuk saling kerja sama peduli,” ungkapnya.

Karena sambung Sri Juniarsih Mas mengentaskan masalah volume sampah kian meningkat sudah tercantum pada Peraturan bupati (Perbup) Nomor 46 tahun 2018 tentang kebijakan dan strategi daerah pengelolaan sampah.

“Kita harus segera edukasi ke masyarakat. Karena kita harus mampu mengurangi sampah sebanyak 30 persen di tahun 2025 mendatang,” bebernya.

Selain itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk segera membatasi timbunan sampah serta pemanfaatan kembali sampah daur ulang.

“Dan salah satu fasilitas pengelolaan sampah di daerah lingkungan masyarakat adalah dengan bank sampah,” imbuhnya.

Dengan demikian pihaknya meminta DLHK Berau agar setiap kelurahan wajib membuat bank sampah.(adv/pem/si)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *