Fraksi PDIP di DPRD Beri Masukan Penerapan PAD dan Kesehatan

oleh -32 views
Rudi P Mangunsong

TANJUNG REDEB,DIMENSINEWS- Sekretaris Fraksi PDI-P DPRD Kabupaten Berau Rudi Parasian Mangunsong mengapresiasi kinerja pemerintah daerah yang berhasil meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Hal itu diungkapkannya saat memberikan pendapat akhir fraksi-fraksi terhadap rancangan peraturan daerah (raperda) menjadi peraturan daerah (perda) pada Rapat Paripurna DPRD Selasa (9/7/2024) lalu

“Sektor PAD Fraksi PDI-Perjuangan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pemerintah daerah atas pencapaian PAD yang terus mengalami kenaikan terkhusus bidang pajak dan retribusi,” ungkapnya Kamis (11/7/2024).

Walaupun menurutnya sampai saat ini kontribusi PAD terhadap total pendapatan daerah masih menunjukkan ketergantungan keuangan daerah dari pemerintah pusat

“Fraksi PDI Perjuangan mengharapkan dengan SDM yang dimiliki oleh pemerintah daerah. Berau perlahan-lahan sudah melepas ketergantungan kepada pemerintah pusat,” ucapnya.

Hal itu terbukti karena pemerintah daerah telah serius memperluas objek pajak dan tidak bertentangan dengan peraturan.

“Begitu juga dengan bidang pendidikan, Fraksi PDI-P melihat bahwa urusan wajib ini masih saja sekedar urusan berapa ruang dinas guru yang dibangun berapa ruang kelas, wc, pagar dibangun semoga ada solusi baru dari Pemkab Berau,” bebernya.

Selain itu, masalah pelayanan kesehatan pihaknya meminta kepada Pemkab Berau bisa mengentaskan hingga daerah pedalaman serta perkampungan

“Pembangunan fasilitas kesehatan terkadang di kecamatan tidak seimbang dengan pelayanan maksimal sehingga menyebabkan masih tingginya rujukan puskesmas ke rumah sakit,” tuturnya.

Bahkan dirinya beri usulan kepada Pemkab Berau bagi puskesmas yang sudah memberikan layanan rawat inap agar busa dilengkapi pula alat kesehatan muktahir.

“Dan tenaga medis yang cukup sehingga mengurangi pasien yang dirujuk,” pungkasnya. (adv/dprd2024/si)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *