UPTD Puskesmas Kampung Bugis Diresmikan, Lokasi Refresentatif Upaya Pemerintah Tingkatkan Pelayanan

oleh -39 views
RESMIKAN. Bupati Berau Sri Juniarsih Mas meresmikan UPTD Puskesmas Kampung Bugis Jumat pagi (6/9/2024) di jalan Mangga 2 Tanjung Redeb. foto Rahmi dimensinews.id

TANJUNG REDEB DIMENSINEWS-Setelah sekian bulan beroperasi di gedung baru, UPTD Puskesmas Kampung Bugis  yang baru diresmikan Bupati Sri Juniarsih Mas Jumat (6/9/2024) di lokasi refresentatif di jalan Mangga 2 Tanjung Redeb.

Ditandai dengan penanda tangan dan pemotongan pita yang di serahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan, Lamlay Sari yang didampingi Kepala Puskesmas Bugis Bahri Karta kesuma.

Acara peresmian ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, Kepala OPD, Direktur RSUD  Abdul Rivai, Ketua Baznas Kabupaten Berau, Kepala BPJS Kesehatan, Danramil, Kapolsek, lurah, Kepala UPT Puskesmas  Tanjung Redeb.

Usai peresmian Sri Juniarsih Mas langsung meninjau ruangan Puskesmas kampung Bugis sembari memeriksa kelengkapan fasilitas dan memberikan saran serta masukan agar fasilitas yang masih kurang segera dilengkapi, sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat setempat.

“Puskesmas ini awalnya tidak berdiri di sini dan ini adalah dulunya adalah kantor Dukcapil dan puskesmas ini berada di daerah haji jalan haji isa di dekat jembatan,  Di sana saya melihat bahwa Puskesmas ini sangat tidak representatif pada waktu itu dengan bangunan yang sempit dengan pasien yang juga sangat lumayan banyak,” paparnya.

Sehingga, lanjut Sri Juniarsih, dirinya menginisiasi untuk memindahkan Puskesmas ini dengna lokasi yang representatif dan memudahkan jangkauan masyarakat serta lahannya juga lebih luas dan saya berharap dengan dibangunnya puskesmas bugis di jalan Mangga dua ,  akan lebih memudahkan jangkauan masyarakat dan Juga lebih luas serta memudahkan pelayanan kepada masyarakat supaya orang yang sehat, orang yang sakit ke sini dapat sembuh.

“ Dengan berdirinya Puskesmas di tempat yang representatif ini saya berharap derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Berau akan semakin meningkat. Sebab tidak dapat dipungkiri bahwa kesehatan adalah menjadi faktor yang sangat penting dalam keberhasilan pembangunan di suatu daerah,” katanya.

Lanjutnya, dalam hal ini  petugas Puskesmas Kampung Bugis harus dapat meningkatkan  kinerja dan memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dengan sebaik baiknya.

“Saya berharap agar sukses puskesmas ini dapat beroperasi sesuai dengan semangat membantu kemanusiaan. Semangat membantu meningkatkan kesehatan masyarakat dengan melihat latar belakang   sosial ekonomi masyarakat tersebut didahulukan untuk melayani,” paparnya.

Sri Juniarish juga menyebut kalau Kabupaten berau telah menerima penghargaan UHC Award pada tahun 2024 dengan kategori  madya dan itu sudah diterima sebanyak 2 tahun berturut turut.

“Ini merupakan komitmen kami dalam mendukung program jaminan kesehatan nasional dengan mengimplementasikan masyarakat kepesertaan BPJS Kesehatan Dan kami terus membayar itu selama setiap tahun 2 tahun berturut turut 13 miliar ini includ dengan bantuan langsung tunai sebanyak 500.000 per bulan. Bagi warga yang tidak mampu itu sudah include dengan BPJS sehingga saya mengharapkan seluruh petugas puskesmas bugis untuk tidak membeda bedakan terutama yang tidak mampu didahulukan karena BPJS Ketenagakerjaan maupun kesehatan itu punya hak yang sama dengan yang lain,” paparnya.

Oleh karena itu tidak ada lagi yang menolak pasien karena fasilitas puskesmas ini sudah lebih baik dibandingkan puskesmas yang sebelumnya.

“Dan saya berharap kepala puskesmas yang ada untuk dapat memantau. Sekali lagi tidak ada lagi kasus pasien yang ditolak karena sekarang bapak ibu seluruh nakes yang ada sekarang sudah era digital,” lanjutnya lagi.

Semua orang bisa ber handphone dan siapa saja dan di mana saja ketika ada pelayanan kita yang tidak maksimal, mereka bisa berbicara lewat media sosial.

“Saya harapkan ini menjadi penyemangat buat kita semua untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal tanpa harus ditegur lewat media sosial. Memberikan pelayanan dalam hal kemanusiaan dalam hal meningkatkan kesehatan masyarakat di Kabupaten berau dengan tempat yang lebih representatif,” jelasnya lagi.

Selaku kepala daerah, Sri Juniarsih memberikan motivasi dan semangat kepada  tenaga kesehatan untuk terus dapat  meningkatkan pelayanan.(adv/kes/put/hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *