Ribuan Orang Ikut Manutung Jukut, Tersedia 14,2 Ton Ikan Buat Masyarakat

oleh -37 views
Suasana Manutung Jukut, Bupati dan Suami , Wabup beserta istri membakar ikan. foto rahmi dimensinews.id

Stan RSUD Abdul Rivai. foto Rahmi dimensinews.id
TANJUNG REDEB DIMENSINEWS-Even yang sangat menyenangkan Manutung Jukut (pesta bakar ikan) atau urang banua menyebutnya Irau Manutung Jukut begitu semarak terlaksana di Tanjung Redeb Kabupaten Berau, Senin (16/9/2024), merupakan rangkaian Kegiatan Hari Jadi Kota Tanjung Redeb ke-214 dan Kabupaten Berau ke-71.
Ajang yang ke-8 kalinya ini semakin banyak dikuti peserta selain OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Kecamatan, Kelurahan, Rukun Tetangga (RT), BUMN, fihak swasta, organisasi kemasyarakatan, Kerukunan hingga Lembaga Swadaya Masyarakat.
Aneka kreasi dan hiburan untuk masyarakat di sajikan oleh peserta Manutung Jukut, seperti stand Perumda Batiwakkal mengadakan survey Kepuasan Pelanggan (SKP) kepada masyarakat dan memberikan doorprize kepada pengunjung.
Selain itu, ikan yang disajikan dari Perumda Batiwakkal untuk dinikmati bersama jumlahnya tidak tanggung tanggung, 400 kilogram. Tampak masyarakat mampir ke stand perumdam Batiwakkal, menyantap makanan yang telah tersedia.
Begitupula di stand lainya, termasuk stand PWI Berau yang memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk ikut menyantap ikan bakar.
Forum Berau Sehat (FBS) tidak ketinggalan, organisasi dibawah Dinas Kesehatan ini, mempersiapkan stand untuk dikunjungi masyarakat.
“Silahkan bapak ibu, selain ada ikan bakar, kita ada juga sayuran tahu tempe dan es buah,” kata Mimi dan Susi anggota FBS kepada masyarakat yang lalu lalang.

Bubuhan wartawan yang tergabung di SMSI dan PWI Berau turut berpartisipasi dalam Manutung Jukut. foto dok PWI Berau

Begitupula dengan stand lainya, menerima warga yang mau ikut makan bersama di stand, bahkan banyak terlihat warga membawa pulang ikan dari acara Manutung Jukut ini.
Seperti yang disebutkan Bupati Berau Sri Juniarsih Mas , bahwa Manutung Jukut yang merupakan pesata ikan bakar kalender tahunan ini, didukung oleh Pemkab Berau berupa 14,2 ton ikan, di bagi kepada masyarakat melalui stand peserta Manutung Jukut.
Ditambahkan panitia penyelenggara Dinas Perikanan Yunda Yuliarsih untuk OPD dan BUMD serta perusahaan, tidak mendapatkan ikan dari panitia . Mereka mempersiapkan secara mandiri.
Selanjutnya, sebut Sekretaris Dinas Perikanan ini, ada sekitar 370 petak digunakan peserta mengisi stand Manutung Jukut, sedangkan panitia mempersiapkan 400 petak di jalan Jenderal Ahmad Yani dan jalan di sekitarnya .
Mereka ini juga dinilai oleh dewan juri yang berkeliling untuk menilai baik itu dari segi kebersihan, pelayanan kepada masyarakat hingga makanan yang disajikan.(adv/pem24/hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *