Kerjasama dan Kolaborasi Kelembagaan Berau Sehat Sangat Krusial

oleh -24 views
Kadis Kesehatan Lamlay Sari bersama Pembina dan Forum Berau Sehat , FKKS dan Pokja Sehat dalam Pembukaan Pertemuan Pembinaan Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) dalam rangka Penyelenggaraan Berau Sehat. foto dokumentasi Forum Berau Sehat

TANJUNG REDEB,DIMENSINEWS- Kerjasama dan kolaborasi dari semua kelembagaan Berau Sehat mulai Pembina, Forum Berau Sehata, Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) dan Fokja Sehat serta keterlibatan masyarakat sangat krusial, karena ruh Kabupaten Sehat adlaah inisiatif dan inovasi dalam melaksanakan program pembangunan yang mencakup semua program dalam 9 tatanan penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat.
Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Lamlay Sari pada acara pembukaan Pertemuan Pembinaan Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) dalam rangka Penyelenggaraan Berau Sehat, diruang Sangalaki Kantor Bupati Berau, Rabu (18/9/2024).
Acara diikuti seluruh FKKS dari 13 Kecamatan dan Pokja Sehat dari 110 Kampung untuk mendapatkan pembinaan dari Pembina dan Forum Berau Sehat.
“Menyadari betapa pentingnya penyelenggaraan Berau sehat dalam menciptakan kondisi Kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk. Ini dicapai melalui terselenggaranya penerapana tatanan dan kegiatan yang terintegrasi , dilaksanakan Pemerintah , pelaku usaha swasta dan masyarakat,” papar Lamlay Sari.
Lamlay menyebutkan kalau saat ini Pemkab Berau terus berupaya dengan capaian, yakni dengan upaya dan komitmen Pemkab terkait penyelenggaraan KKS (Kabupaten Kota Sehat) berdasarkan peratauran bupati Berai no 51 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Berau Sehat.
“Selanjutnya terbentuknya kelembagaan mulai Pembina, Forum Berau Sehat, FKKS pada 13 Kecamatan dan Pokja Sehat di 10 Kelurahan dan 100 Kampung,” kata Lamlay.
Adapun harapan yang ingin dicapai, lanjut Lamlay agar dapat terus dapat akatif FKKS di tingkat Kecamatan yang berfungsi untuk mengkoordinasikan penyelenggaraan Kabupaten Sehat.
Pokja Sehat yang berkedudukan di Kampun dan Kelurahan, dilakukan pembinaan di tingkat ini, karena Pokja sehat berperan sangat penting dalam mengerakkan masyarakat untuk menyelenggarakan kegiatan yang mencapai indikator Kabupaten Sehat.
Lamlay juga menyebut mengenai peraturan bersama Mendagri dan Kememkes Nomor 1138/Menkes /PB/VII/2005 tentang penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat. Dalam hal ini peran FKKS adalah mengkoordinasikan menintegrasikan mensingkronkan dan meng implikasikan prioritas perencanaan antar aKampung, Kelurahan satu dengan Kampung , Kelurahan lainya di wilayah Kecamatan.
Sementara itu, acara pembinaan ini, selain pemateri dari Pembina, Forum Berau Sehat juga dari Forum Bandung Sehat dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.(adv/kes24/hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *