Bupati: Aplikasi Batiwakkal Efektif dan Memudahkan Masyarakat

oleh -339 views
Perumdam Batiwakkal melaunching aplikasi pembayaran tagihan air secara online, Selasa (19/7/2022). (Istimewa)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Inovasi terus dilakukan khususnya dalam era digital saat ini. Salah satunya, aplikasi Batiwakkal yang dibuat oleh Perumdam Batiwakkal (PDAM), yang mendapat apresiasi dari Pemkab Berau.

“Aplikasi yang diluncurkan ini diharapkan dapat membantu dan memudahkan masyarakat. Selain itu juga lebih efektif dari sisi waktu, biaya dan tenaga,” jelas Bupati Berau, Sri Juniarsih, saat melakukan peluncuran aplikasi di ballroom Hotel Bumi Segah, Selasa (19/7/2022).

Dikatakannya, aplikasi ini juga sebuah langkah positif yang menjadi inovasi baru, khususnya mempermudah masyarakat dalam pembayaran tagihan air secara online. Selain itu, juga menjadi sebuah transparansi dimana masyarakat bisa mengecek sendiri jumlah pemakaian airnya apakah sesuai dengan tagihan yang ada.

Aplikasi buatan putra daerah Kabupaten Berau ini, saat ini sudah dapat didownload di playstore. Dalam aplikasi juga dilengkapi dengan beragam fitur yang dibutuhkan masyarakat.

“Aplikasi pelayanan lengkap, ada catatan meter setiap pelanggan, riwayat pemakaian air, tagihan air dan cara pembayaran, informasi sambungan baru, hingga semua update tentang PDAM Berau,” papar Direktur Perumdam Batiwakkal, Saipul Rahman.

Penandatanganan perjanjian kerjasama antara Direktur Perumdam Batiwakkal dengan beberapa bank dan PT Pos Indonesia, dalam aplikasi pembayaran tagihan air secara online. (Istimewa)

Untuk proses pembayaran tagihan air juga semakin mudah karena selain tidak perlu jauh mendatangi loket, juga tersedia secara daring yang terkoneksi dengan beberapa bank seperti Kaltimtara, BNI, BRI, Mandiri dan PT Pos Indonesia.

Tak hanya itu, dalam aplikasi juga disediakan fitur penyampaian keluhan masyarakat, jika terjadi gangguan dalam penyaluran air bersih, misalnya terjadi kebocoran pipa dan lainnya.

“Fitur ini meningkatkan peran serta keaktifan masyarakat dalam melakukan pelaporan adanya gangguan. Kalau ada kebocoran bisa segera diperbaiki tanpa merembet kemana-mana. Karena untuk operasional perbaikan juga membutuhkan anggaran lumayan jika sudah terlanjur meluas kebocorannya,” tambah Saipul. (Ria/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *