Kepuasan Pelanggan 85 Persen Lebih, Kualitas Pelayanan Terus Ditingkatkan

oleh -101 views
Peringatan HUT ke 41 Perumda Batiwakkal .ist

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS –  Dirut Perumda Air Minum Batiwakkal, Saipul Rahman mengaku kepuasan pelanggan terhadap kinerja Perumda saat ini telah mencapai 85 persen lebih. Kendati masuk kategori baik, pelayanan pihaknya akan terus ditingkatkan.

Menurutnya, dalam meningkatkan kualitas pelayanan, pegawai Perumda Air Minum Batiwakkal dibekali dengan motivasi dan konsistensi yang kuat. Dua hal itu sekaligus menjadi solusi untuk mengatasi kekurangan pegawai yang bekerja di Perumda.

“Motivasi itu kita kuatkan dengan memberikan pelatihan, tunjangan kinerja, dan sebagainya, supaya mereka semangat bekerja. Sehingga pekerjaan yang seharusnya dikerjakan dua orang, bisa dikerjakan sendiri. Karena punya motivasi,” ungkapnya.

Di samping motivasi, lanjut Saipul, para pegawai Perumda juga memiliki konsistensi yang kuat. Konsistensi itu tumbuh dengan baik berkat penyusunan tata kelola perusahaan yang baik melalui penegakan standar operasional prosedur (SOP).

“Orang dengan motivasi kadang-kadang bisa luar biasa. Tapi kalau tidak dengan SOP, lama-lama motivasi itu menurun. Sehingga motivasi yang baik harus disertai dengan konsistensi melalui SOP,” jelasnya.

Diakuinya, dua prinsip dasar itu menjadi dasar pelayanan para pegawainya yang saat ini hanya mencapai 116 orang. Meskipun jumlah itu disebut kurang, hal itu tidak menjadi masalah dalam pelayanan Perumda terhadap para pelanggan selama ini.

“Idealnya jumlah pegawai itu sekitar 150 orang. Sehingga mungkin ditambahkan 40-50 orang. Cuma kita belum siap di sisi pendanaan,” tegasnya.

Ke depan, Saipul berharap agar jumlah pegawai dapat ditambah. Namun, dari sisi pendanaan harus tetap mengikuti regulasi. Berikutnya, kesejahteraan pegawai niscaya terus diperhatikan.

“Saya menjaga gaji karyawan saya standar saja. Tidak tinggi-tinggi amat. Tapi saya mau naikkan tunjangan kinerjanya. Jadi tergantung mereka. Kalau bekerja baik maka tidak dipotong tunjangannya,” tandasnya. (Adv/PDAM/Jo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.